Terekam Kamera, Harimau Buntuti Mobil Warga di Kebun Sawit

  • Bagikan

SIMPANG AMPEK –  Beredar video amatir seorang warga yang tinggal di area perkebunan sawit di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat dibuntuti harimau saat kendarai mobil.

Menghindari jatuhnya korban jiwa BKSDA Pasaman Barat pun memasang kamera trap dan kerangkeng guna memantau aktivitas harimau tersebut. Harimau Sumatra itu diperkirakan berusia dewasa.

Dalam video yang terima, harimau itu tampak mengejar kendaraan bak terbuka bermuatan kelapa sawit yang melintas tersebut.

Setelah melakukan peninjauan lokasi dan memasang 3 unit kamera trap terpantau pergerakan satwa dan berhasil mendapatkan gambaran visual satwa itu ketika sedang melintas.

“Kita sudah pasang tiga kamera. Satu kamera kita berhasil menangkap gambaran visual diduga harimau tersebut,” kata Kepala BKSAD Resort Pasaman, Ade Putra, Jumat (16/7/2021).

Tim BKSDA memutuskan untuk mengevakuasi satwa dengan menggunakan dua unit kandang jebakan. Hal ini dilakukan mengingat pengusiran dan penggiringan ke dalam hutan tidak mungkin dapat dilakukan.

“Kita akan pasang dua perangkap. Pengusiran tidak bisa dilakukan karena kawasan hutan lokasinya 9 Km dan kawasan sekitar perkebunan juga banyak permukiman warga,” ucapnya. (inews)

Lihat Artikel Asli

  • Bagikan