TBM Lentera Hadir untuk Pengunjung Kota Tua

  • Whatsapp
Suasana TBM Lentera Kota Tua, Kota Padang. desrian eristha

PADANG-Meningkatkan minat baca masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Padang sebagai kota literasi, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Kota Tua, Batang Arau menerapkan program penitipan buku ke warung, cafe hingga restoran di kota Bingkuang agar masyarakat lebih dekat dengan buku.

Penggiat literasi yang terdiri dari mahasiswa dan warga sekitarnya, mendirikan TBM Lentera Kota Tua sejak dua bulan lalu agar masyarakat semakin cinta membaca, guna menambah pengetahuan agar wawasan terus berkembang, serta turut meningkatkan perekonomian sekitar.

Penggagas TBM Lentera Kota Tua, Chrisman didampingi pengelola harian, Yudi menjelaskan, menitipkan buku bacaan ke warung, cafe hingga restoran yang dilakukan karena pengunjung pastinya akan bersantai dan bertukar, karena itu untuk menemani buku buku pun tersedia sambil dibaca, sehingga wawasan terus bertambah.

” Nantinya buku yang dititipkan akan terus berganti, mulai dari sekali tiga hari, hingga sekali seminggu, tergantung kesepakatan dengan pihak warung, cafe dan restauran,” terangnya pada Rabu (29/7/2020).

Buku yang dimiliki TBM Lentera Kota Tua merupakan sumbangan dari masayarakat yang saat ini sudah mencapai 500 judul buku, baik berupa buku yang penuh edukasi untuk anak anak hingga dewasa, baik itu buku sejarah, seni, budaya dan lainnya.

Chrisman juga menambahkan, selain dititipkan, TBM Lentera Kota Tua juga menyediakan buku buku di camp yang berada di kawasan pedestrian Batang Arau, tepatnya di dermaga yang telah diolah menjadi tempat bersantai bagi pengunjung.

” Nantinya para pengunjung tidak hanya bermain ke kawasan Batang Arau, namun juga bersantai sambil membaca buku yang tersedia sekaligus menikmati minuman yang dijual masyarakat sekitar,” tambahnya.

Pengelola harian TBM Lentera Kota Tua, Yudi juga menuturkan, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk menyumbangkan buku, bisa dikontak melalui media sosial facebook dan instagram di akun
@tbmlenterakotatua.

” Kegiatan ini juga mulai dilirik oleh pihak Dinas perpustakaan dan kearsipan, Kominfo Padang dan Kelurahan, dan kedepannya kita bersama sama akan bekerja sama dengan seluruh cafe dan restauran yang ada sehingga masyarakat semakin dekat dengan buku bacaan,” harapnya.

Selain bersantai untuk membaca buku, di kawasan sekitar juga bisa menikmati indahnya warna warni bunga, bangunan ecobrik dan lainnya.(rian)

Pos terkait