STIKES YPAK (Amanah) Padang Gelar Pengabdian Masyarakat

oleh -130 views
Tim Pengabdian Masyarakat STIKes YPAK Padang foto bersama dengan peserta Workshop. (ist)

PADANG-Dosen STIKES YPAK (Amanah) Padang menggelar pengabdian masyarakat di Puskesmas Lubuk Buaya Padang. Pengabdian masyarakat ini di gelar dengan tema Pendampingan dan Pelatihan Pendokumentasian Keperawatan di Puskesmas Lubuk Buaya.

Tujuannya untuk mempermudah perawat dalam pengkajian dan penegakkan diagnosa keperawatan. Tim di Ketua Ns. Fitri Mailani, dan anggota tim Ns. Indri Ramadini.

“Pendampingan dilakukan secara berkesinambungan selama 6 kali pertemuan,” kata Ns. Fitri Mailani, kepada Singgalang, Selasa (10/9). Ia mengatakan, pertemuan pertama membahas tentang bahasa dalam keperawatan, pentingnya pendokumentasian dalam keperawatan, dan diagnosticreasoning.

Workshop pertemuan kedua melakukan pretest, untuk melihat kemampuan awal perawat dalam melakukan dokumentasi keperawatan.

“Yang ketiga melatih tentang menegakkan diagnosa sesuai dengan bahasa yang terstandar yaitu menggunakan buku NANDA (North American Nursing Diagnosis Association International),” tambahnya.

Workshop pertemuan keempat, latihan membuat dokumentasi yang baik dan benar, sesuai dengan standar yang jelas. Pertemuan kelima mengundang pembicara ahli di bidang keperawatan komunitas, khususnya dokumentasi keperawatan di Puskesmas, untuk memfasiltasi dan membantu mengatasi masalah-masalah yang biasa dihadapi oleh perawat Puskesmas terkait pendokumentasian keperawatan.

Pertemuan ke enam mereview kembali seluruh materi yang telah di workshopkan, sekaligus pemantapan melalui latihan-latihan yang langsung dipraktekkan kepada pasien yang datang ke Puskesmas Lubuk Buaya.

“Pada pertemuan kelima, diundang Ketua Pengurus Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Daerah Sumatera Barat, Tasman,” ungkapnya. Menurut Ns. Fitri Mailani, kegiatan ini merupakan Program Pengabdian Masyarakat yang didanai Kemenristekdikti, melalui program hibah bersaing kompetitif nasional.

Dari program ini diharapkan para perawat khususnya perawat di Puskesmas Lubuk Buaya Padang, dapat meningkatkan kemampuan mendokumentasi asuhan keperawatan yang dilakukan dalam pelayanan pasiena dan tentunya dapat meningkatkan mutu layanan.

Dari kegiatan ini para perawat Puskesmas Lubuk Buaya Padang tampak sangat bersemangat dan antusias mengikuti setiap tahap dari kegiatan.

Tim pengabdian masyarakat STIKES YPAK Padang juga memberikan buku yang menjadikan acuan perawat, dalam melakukan dokumentasi kepada pihak Puskesmas Lubuk Buaya Padang dengan harapan buku tersebut bisa membantu perawat melanjutkan kegiatan ini secara berkesinambungan. (106)

Loading...