Resep Jadi Pengusaha Sukses, Harus Jujur dan Percaya Diri

oleh
Pengusaha sukses yang juga anggota DPR dari Fraksi PAN, H. Mhd Asli Chaidir memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Universitas Taman Siswa (Unitas), Rabu (17/10).

PADANG-Kunci menjadi seorang pengusaha sukses harus dapat menjaga kejujuran. Karena bisnis pada dasarnya  tidak hanya sebatas untung dan rugi, tapi bagaimana menjaga kepercayaan orang lain.

“Kejujuran dan sebuah komitmen harus dijaga betul karena bisnis itu kita membangun kepercayaan kepada orang lain,” kata  H. Mhd Asli Chaidir saat memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Taman Siswa, Rabu (17/10) di kampus tersebut.

Asli mengatakan meski awalnya mendapatkan kepercayaan orang lain sangat sulit sehingga bisa membuat pesimis dan patah semangat, namun itu harus dihadapi. Jadikan mental pengusaha mental yang kuat. Tidak boleh atau pantang menyerah.

“Sebab, awal dari kegagalan dalam dunia usaha merupakan pendidikan yang sangat berarti untuk meraih kesuksesan. Harus percaya diri,” ujar Anggota DPR dari Fraksi PAN ini.

Menurut Asli, untuk menjadi pengusaha, yang bersangkutan terlebih dahulu harus mempersiapkan diri terutama kemauan yang kuat dan memiliki impian besar untuk maju. Setelah itu baru pengetahuan, dasar pengetahuan atau ilmu itu bisa kita dapatkan sambil belajar dan juga kesiapan mental yang pantang menyerah tadi.

Untuk mempermudah langkah, seorang calon pengusaha dapat memulai bisnisnya dari hal-hal yang disenangi atau hobi. Karena ketika seseorang suka dengan sesuatu, maka itu bisa dikembangkan menjadi bisnis.

Asli bisa sukses menjadi pengusaha, lantaran menerapkan prinsip demikian. Padahal tadinya dia adalah orang biasa bahkan bisa dikatakan ayah ibunya termasuk keluarga tidak berada. Hanya kegigihan, tekad dan kejujuran yang mengantarkan bisa sukses.

Politisi yang berperan andil membawa ‘kue pembangunan’ dari pusat untuk Sumbar seperti pembangunan gedung sekolah pondok pesantren dan sekolah agama hingga bantuan untuk keluarga miskin, di hadapan civitas akademika Unitas juga menceritakan jalan hidupnya yang cukup pedih merintis usaha.

Diawali dengan menjual rokok eceran lalu membuka kedai kelontong. Isi kedai berkembang, karena kejujuran yang ditanamkan dalam diri. Dan dalam melakoninya, jangan lupa terus berdoa kepada Allah SWT dan selalu ingat orangtua.

“Sebelum saya terjun ke dunia politik pada 1998 saat reformasi bergulir, alhamdulillah, usaha yang saya geluti sejak bersusah payah hidup dulu, terus berkembang. Jadi saya terjun ke dunia politik, setelah sukses jadi pengusaha,” kata Asli.

Ia pun terus menyemangati agar mahasiswa terus menuntut ilmu dan sambil jalan melirik usaha yang kelak akan digeluti. Jangan semuanya berharap jadi PNS, harus ada pula jadi pengusaha dan profesi lainnya.

Dalam kuliah umum yang dihadiri Rektor Unitas, Ediwirman, Ketua Badan Penyelenggara Pendidikan Tinggi Tamansiswa Padang, Irwandi Yusuf, Wawako Padang terpilih Hendri Septa, tokoh Muhammadiyah Darmadi itu, sejumlah mahasiswa pun antusias bertanya terkait dunia usaha dan tips sukses dari Asli Chaidir. (015)

 

Loading...