Penyalaan Lampion Sambut Tahun Baru Imlek ke 2570 di Klenteng See Hin Kiong

oleh -406 views
 Kawasan Kelenteng See Hin Kiong meriah dengan ratusan lampion dalam menyambut Imlek 2570.(bambang)

PADANG – Sebanyak 300 lampion dinyalakan di Kelenteng See Hin Kiong, Kelurahan Kampung Pondok, dalam rangka menyambut tahun baru Imlek 2570.

Iswanto Kwara, salah seorang tokoh masyarakat Tionghoa setempat menyampaikan, setiap tahunnya di kawasan Pondok, khususnya di Jalan Kelenteng selalu dipasang lampion dan ini merupakan tradisi dalam rangka menyambut perayaan tahun baru Imlek.

Sejak sepekan lalu ratusan lampion (lentera atau tenglong,red) terlihat menghiasi suasana Kota Tua Pecinan Pondok Kota Padang, dimana dalam waktu dekat warga etnis tionghoa setempat akan melangsungkan perayaan tahun baru Imlek atau yang disebut Sincia dan perayaan puncaknya Cap Go Meh.

Perayaan tahun baru Imlek, Sincia ke -2570 tahun 2019 ini jatuh pada hari Selasa, 5 Februari dan puncaknya Cap Go Meh, Selasa 19 Februari 2019 mendatang.

“Lampion (lentera atau tenglong,red) berarti terang, dan ada sebanyak 300 lampion sebelum dinyalakan perlu ritual melalui atraksi barongsai dari Marga LIM yang dilakukan di Kelenteng See Hin Kiong Baru, Jalan Kelenteng,” kata Iswanto Kwara yang juga anggota DPRD Kota Padang itu, Minggu (20/1). (bambang)

 

Loading...