Pentingnya Internet untuk Pengenalan Budaya

  • Bagikan
Webinar Literasi Sosial 2021.(ist)

AGAM – Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang digagas Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali digelar di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu 20 November 2021.

Webinar yang dimulai pukul 13.30 WIB itu membahas tentang Pentingnya Internet untuk Pengenalan Budaya  yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Pengguna internet Indonesia rata-rata menggunakan internet sebanyak 8 jam 52 menit. Manfaat bagi tenaga pendidik yaitu memanfaatkan teknologi pembelajaran yang lebih kreatif, memanfaatkan aplikasi untuk tujuan pembelajaran. Sedini mungkin literasi digital perlu di lakukan dalam keluarga.

Suraiya Kamaruzzaman, S.T, L.LM, M.T menjelaskan digital kultur adalah Pengetahuan dasar akan nilai-nilai Pancasila dan  Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan kecakapan digital dalam kehidupan berbudaya, berbangsa, dan bernegara.

menurut Gio Fanesta S.Pt., media sosial adalah salah satu produk teknologi yang selalu kita gunakan di setiap harinya untuk saat ini. Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya adalah sebagian contoh dari banyaknya aplikasi media sosial yang dikenal masyarakat umum.

Hendra Nusa Putra, S.Kom., M.Kom sebagai Dosen IT-STIKES Dharma Landbouw Padang memaparkan komentar negatif bisa diartikan sebagai kritik yang tidak membangun. Menggunakan kata-kata kasar, ujaran kebencian yang mengarah hate speech, juga kerap bernada rasis.

Ruri Susanti M.Pd GR mengatakan privacy information (security) dimana sebuah informasi harus aman, dalam arti hanya diakses oleh pihak–pihak yang berkepentingan saja sesuai dengan sifat dan tujuan dari informasi tersebut.

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Adhit “Element” sebagai Musisi dan Gitaris Element yang memberikan sharing session, pentingnya internet untuk pengenalan budaya. Kita bisa mendapatkan banyak manfaat positif dari ruang digital, dan kita bisa mengenalkan budaya indonesia yang kita punya, agar semakin di kenal oleh negara luar.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)

  • Bagikan