Pemprov Sumbar Latih 116 Imam Masjid

  • Whatsapp
Kabag Bintal Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar,
PADANG-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kembali berikan pelatihan imam masjid di Kota Padang. Ada sebanyak 116 imam yang dilatih.
Hal itu dikatakan Anggota DPRD Sumbar, Apris saat kegiatan bimbingan dan pelatihan imam masjid angkatan II di Kota Padang, Jumat (8/3) di Hotel Pangeran City.
“Semakin banyak kita berikan pelatihan, semakin tinggi harapan kita ada peningkatan kualitas imam masjid di Kota Padang,”ulasnya.
Menurutnya, tingginya animo masyarakat untuk datang ke masjid guna shalat berjamaah semakin tinggi, apalagi banyak masjid yang letaknya strategis sehingga mudah dijangkau masyarakat. Maka, untuk itu mesti dibarengi dengan kesiapan pengurus masjid dalam pengelolaan dan manajemen masjid tersebut.
Dikatakannya, itu mengingat fasilitas masjid yang ada di Kota Padang terutama lokasi yang letaknya sangat strategis sudah sangat memadai. Bahkan, banyak yang sudah menggunakan pendingin (ac), begitupun tikar dan tempat wudhu yang bersih.
“Dengan peningkatan yang dilakukan pengurus masjid ini. Maka, dari segi operasional masjid juga akan terbantu. Sebab, banyak jemaah yang akan datang itu akan membantu masjid juga dengan sumbangan yang diberikan,” ulasnya.
Selain pengelolaan masjid itu, kapasitas imam mesti diperhatikan, karena imam ini merupakan pemimpin sehingga tidak hanya dari bacaan saja yang diperhatikan namun akhlak imam dalam pergaulan sehari-hari.
“Ada pelatihan ini maka imam dari segi kapasitas hafalan bacaan semakin meningkat namun juga akhlak imam dalam kesehariannya sebagai panutan masyarakat,” ulasnya.
Sementara itu, Kabag Bina Mental Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Karimis mengungkapkan, hasil dari bimbingan dan pelatihan ini akan berdampak kepada kualitas imam masjid ini baik itu dari segi bacaan dan hafalan ayatnya karena akan dibimbing oleh ahli pada bidangnya.
“Jadi nanti imam masjid ini tidak hanya menjadi imam dalam shalat, namun imam ini juga nanti diharapkan sekaligus dapat menjadi imam dalam masyarakat,” pungkasnya.
Untuk angkatan ke II ini ada sekitar 116 imam masjid. (104)

Pos terkait