Pemenang Lomba Bulan Reformasi Birokrasi Dharmasraya Diumumkan

  • Bagikan
Kantor Bupati Dharmasraya.
PULAU PUNJUNG – Lomba Bulan Reformasi Birokrasi Kabupaten Dharmasraya tahun 2021 yang digagas Bagian Organisasi Sekretariat pemkab setempat telah usai dilaksanakan. Para menenang pun sudah ditentukan oleh tim penilai kegiatan tersebut.
Ada enam jenis lomba yang diperebutkan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) di jajaran bumi mekar itu yakni, lomba kepatuhan terhadap standar pelayanan, inovasi pelanayan publik, kematangan organisasi, agent of change, reformasi birokrasi dan lomba penerapan SAKIP.

” Para pemenang sudah ditetapkan dengan keputusan bupati Dharmasraya nomor :188.45/177 / KPTS – BUP / 2021,” terang Kabag Organisasi Sekretariat Pemkab Dharmasraya, Budi Waluyo kepada Topsatu.com, Senin ( 6/12/2021).

Lanjut Budi Waluyo, setelah dilakukan penilaian, ada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) yang berhasil memenangkan lomba bulan reformasi ini. OPD yang dimaksud adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pitu, Dinas Kependudukan dan  Pencatatan Sipil, dan Dinas Kesehatan berhasil memenangkan lomba kepatuhan terhadap standar pelayanan. Kemudian pemenangan lomba inovasi pelayanan publik yakni, Dinas  Pangan dan Perikanan dengan inovasi ” Bunga Naga Si Emi / lubuk larangan nagari bersih dan ekonomis” , Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan inovasi “Siul Sedikit / sungai limau peduli sicibit jadi bukit, SMP 1 Pulau Punjung dengan inovasi ” Spensa Berbagi / SMP 1 Pulau Punjung berbasis digital”.

Selanjutnya pemenang, lomba kematangan organisasi diraih oleh Dinas  Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan dan Dinas Sosial P3APPKB, lomba of change diraih Dinas Sosial P3APPKB, Dinas Penamanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta DLH.

Sementara itu lomba reformasi birokrasi dimenangkan oleh Dinas Kesehatan, RSUD Sungai Dareh dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, lomba penerapan SAKIP diraih Dinas Sosial P3APPKB, Dinas Pangan dan Perikanan serta Dinas Lingkungan Hidup.

“Piagam penghargaan bagi pemenang ini Insya Allah akan diserahkan oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Kini kita masih menunggu jadwalnya,” terang Budi Waluyo.

Menurut Budi Waluyo, lomba bulan reformasi birokrasi guna mendorong OPD untuk mewujudkan peningkatan tata kelola pemerintahan sesuai visi bupati ke 5, yakni meningkatkan kinerja birokrasi dalam rangka pelayanan publik.

“Pemkab Dharmasraya berharap melalui Bulan RB ini upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan kualitas kebijakan dan penerapan good governance dengan melaksanakan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, efektif dan efisien terwujud,” pungkasnya. (roni)

  • Bagikan