Peduli Lingkungan Bank Mestika Tanam Cemara Laut di Pasir Putih Indah

oleh -2.093 views
Kepala DKP Sumbar, Yosmeri, jajaran PT. Bank Mestika Dharma, Tbk, pengelola kawasan konservasi Pasir Putih dan masyarakat lainnya foto bersama usai penanaman cemara laut Selasa (12/2). Ist
PADANG-Bank Mestika Padang melakukan penanaman pohon cemara di kawasan Pasir Putih Indah Padang, Selasa (12/2). Penanaman tanaman laut itu dilakukan sebagai wujud kepedulian mereka terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar kawasan tersebut.
Coperate Secretary, PT. Bank Mestika Dharma, Tbk,  Afif, mengatakan penanaman cemara laut adalah wujud tanggung jawab sosial dari perusahaan mereka.
“Dalam CSR kami ada empat program yang kami fokuskan. Salah satunya lingkungan, dengan menanam cemara laut ini,” katanya, usai penanaman di Pasir Putih,
Dijelaskannya, program lingkungan hidup ini kedepannya akan berkaitan  pada dampak ekonomi kerakyatan. Sebab dengan pengelolaan cemara laut, akan menghidupkan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar.
“Jika kawasan ini berhasil dikelola dengan baik, maka kami langsung memperpanjang kerjasama yang sudah disepakati. Kami akan dampingi pengelola hingga kawasan Pasir Putih jadi lokasi wisata yang memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar,” sebutnya.
Kepala Cabang Bank Mestika Padang, Irawan, mengatakan Pasir Putih punya potensi besar untuk dikelola menjadi kawasan konservasi. Pengelola kawasan itu punya komitmen yang sama dengan mereka dalam mengembangkan kawasan konservasi di Padang.
“Kawasan ini akan dikembangkan menjadi kawasan konservasi, dengan menanam cemara laut akan mengurangi abrasi pantai. Setelah kawasan ini berkembang akan memberi dampak positif seperti peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.
Dia berharap, setelah bibit cemara ditanam, pengelola bersama masyarakat dapat menjaganya, sehingga kegiatan tersebut tidak sekedar seremonial semata.
“Kami sudah MoU dengan pihak konservasi untuk selalu mengawasi dan berkoordinasi satu sama lain. Sebab ini membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan harapan  masyarakat lebih aware pada lingkungan. Lingkungan harus dijaga secara masif,” katanya.
Ketua Konservasi Pasir Putih,  Yoswenas, mengatakan bibit cemara yang ditanam sebanyak 800 batang. Mereka akan melakukan mengawasan hingga kawasan itu menjadi lokasi konservasi sesuai keinginan banyak pihak.
Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PT.  Bank MestikaDharma, Tbk.
“Kami berharap kawasan Pasir Putih jadi contoh kawasan konservasi bagi yang lain. Dan kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Bank Mestika, semoga program ini berjalan sesuai dengan harapan,” terangnya.
Dia berharap, kawasan Pasir Putih jadi kawasan wisata baru untuk Kota Padang. Dikatakannya, penanaman cemara laut itu juga bagian dari instruksi Presiden, sebagai salah satu antisipasi dalam mengatasi tsunami yang diprekdisi para ahli. 107
Loading...