Pebalap Jesse Ewart Asal Australia, Pemenang TdS 2018

oleh
Pebalap Jesse Ewart, asal Australia dari Tim Sapura Cycling, Malaysia, menjadi juara umum pada TdS tahun 2018 ini. Jesse berhasil meraup uang Rp110 juta dari penyelenggara, Minggu (11/11) pada acara penutupan TdS, di Pantai Kata, Kota Pariaman. Yasrizal
PARIAMAN-Pemenang Etape VIII (terakhir) TdS 2018 start dari Pantai Carocok, Painan, Pesisir Selatan, finish di Pantai Kata, Kota Pariaman, Minggu (11/11) dimenangkan pebalap Nikodemus Holler, dari Bike Aid Team. Posisi kedua diraih pebalap Lucas Carstensen, dari Bike Aid Team. Dan, juara ketiga direbut Mohammad Abdul Halil Izzat Hilmi, dari Sapura Cycling Team.
Pebalap pada etape terakhir berlangsung seru. Terlebih lagi, rute ini adalah hari terakhir TdS, dimana pembalap mengeluarkan semua kemampuan dan tenaganya. Mereka sepanjang 158 kilometer, saling menikung, mendahului, bersipacu guna menjadi sang juara.
Rute terakhir pebalap kembali menikmati eloknya pemandangan Pantai Bungus Teluk Kabung dan Bukit Lampu serta Pelabuhan Teluk Bayur. Sepertinya pebalap menikmati suguhan pemandangan kota nan rancak hingga sampai di Pantai Kata, pantai yang banyak ceritanya.
Kemudian,  untuk juara perorangan TdS tahun ini adalah, Jesse Ewart, dari Team Sapura Cycling dengan perolehan waktu 43:41:14. Keberhasilan pebalap asal Australia yang tergabung dalam Tim Malaysia itu, sudah diprediksi sebelumnya.
Buktinya, Jesse Ewart mampu mengokohkan dirinya pada etape terakhir dan sebelumnya. Jadi, pantas dia menjadi jawara pada helat bergengsi tahun ini.
Sementara posisi runner up didapat pebalap Nikodemus Holler, dari Team Bike Aid, dengan catatan waktu 43:41:24. Dan, juara ketiga dimenangkan Ariya Phounsavath, dari Team Thailand Continental Cycling Team dengan waktu 43:41:30. Dengan begitu, Jesse Ewart berhak memegang yellow jersey, sekaligus mengukuhkan dirinya dalam iven ini.
Untuk Best Indonesian Rider (red and white jersey diperoleh pebalap nasional Abdul Soleh dari KFC Tim, dengan waktu 43:44:02. Tempat kedua direbut Agung Ali Sahbana juga dari KFC Tim, dengan perolehan waktu 43:45:07:01:05 dan, Dedi Suryadi, puas berada diperingkat ketiga dari PGN Tim, dengan waktu 43:45:23:01:21.
Dan, untuk best sprinters classification (green jersey) diraih pebalap Oleksandr Polivoda dari Tim NLC dengan 60 poin. Kemudian, posisi kedua dimenangkan Ryan Cavanagh dari Tim STG dengan 44 poin. Juara ketiga pada green jersey ini diperoleh Jesse Ewart, yang mengumpulkan poin 35.
Pada red polka dot jersey dimenangkan Oleksandr Polivoda, NLC Team dengan 67 loin. Tempat kedua Marcelo
Felipe dari Tim 7RP dengan 43 poin. Untuk juara ketiga didapat Jonel Carcueva dari Tim G4G, dengan 42 poin.
Penutupan TdS 2018 ditutup Menteri Pariwisata RI, Arif Yahya dan didampingi Gubernur Sumbar, Irwan Prayito dan Walikota Pariaman, Genius Umar. (215)
Loading...