Panen Perdana Tanaman Hydroponik KWT Jati Hilir

  • Whatsapp
Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin melakukan panen tanaman hidropinik milik KWT Kelurahan Jati Hilir. (kominfo)

PARIAMAN –  Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Jati Hilir punya tanaman hidropinik. Jenis tanaman yang ditanam adalah sayur bayam, kangkung, dan sawi. Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin melakukan panen perdana tanaman hydroponik KWT.

Pemko Pariaman melalui Dinas Peternakan, Pangan dan Perikanan menghimbau masyarakat, tidak terkecuali KWT untuk dapat memanfaatkan halaman disekitar rumah ditanami sayur-sayuran.

Bacaan Lainnya

“Untuk menanam sayur-sayuran tidak mesti ditanah yang luas, mengunakan pipa paralon yang di beri lobang di isi tanah, seperti yang dilakukan KWT Kelurahan Jati Hilir ini juga bisa. Kunci adalah kemauan,” ucap Mardison Mahyuddin, Jumat (14/8).

Disebutkannya, Dinas terkait telah memberikan bantuan kepada KWT berupa bibit dan pupuk serta polibek. Adapun bibit yang diberikan diantaranya, kacang panjang, cabe rawit, terung, tomat, jagung manis, kangkung, bayam dan cabe kriting. Sedangkan tanaman buah yang diberikan yakni nangka mini, eruk madu, lengkeng, jambu kristal dan jambu madu.

Disebutkannya bibit tanaman dan buahan yang diberikan untuk menunjang ketahanan pangan dan perkonomian keluarga. Dimulai dari keluarga, hingga tingkat daerah. “Pemko Pariaman berharap program KWT ini bisa berkembang terutama dimasa pandemi ini” ulasnya.

Budidaya hidroponik sayur dan buah merupakan langkah kongkret dari upaya membangun ketahanan pangan. Kegiatan tersebut manjadi tempat pemberdayaan perempuan dalam menyediakan sumber pangan bergizi. (agus)

Pos terkait