Padang Night Market Akan Segera Hadir

oleh
Jalan Permindo, Padang. (givo)

PADANG – Bermacam cara dilakukan Pemerintah Kota Padang agar daerahnya tetap ramai dikunjungi wisatawan. Tidak saja membenahi objek wisata, akan tetapi juga meramaikan pasar.

Pemko Padang berencana menggelar “Padang Night Market” (pasar malam). “Padang Night Market” ini nantinya dipusatkan di Pasar Raya. Dengan begitu, Pasar Raya akan ramai pada malam hari.

“Betul, kita sedang merancang rencana ‘Padang Night Market’ di Pasar Raya,” ujar Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi menyebut bahwa lokasi PNM yakni mulai dari kawasan Air Mancur hingga Permindo. Nantinya, pasar malam ini akan seperti di negara lain. Semisal di Kuala Lumpur, Malaysia yang dikenal dengan Petaling Street atau di Malaka yang dikenal dengan Jongker Walk.

“Kita akan susun dan siapkan Perwakonya,” jelas Medi.

Pasar Malam itu nantinya tidak saja diisi dengan barang dagangan. Akan tetapi juga hiburan kesenian rakyat. Ketika berbelanja, wisatawan akan dihibur dan merasa nyaman saat mengitari pasar.

Medi mengatakan, untuk merealisasikan itu semua, Pemko Padang akan menyusun perencanaan dengan OPD terkait. Seperti Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, Satpol PP dan persatuan pedagang di Pasar Raya dan Permindo.

“Tentu butuh perencanaan matang,” jelasnya.

Jika benar terwujud, arus kendaraan nantinya akan diatur dengan baik. Sebab, pada saat malam hari itu, kawasan Pasar Raya dan Permindo akan bebas dari kendaraan. PKL juga akan diatur sedemikian rupa, sehingga tidak semrawut. Sarana dan prasarana penunjang juga disiapkan. Termasuk keamanan dan kesenian yang akan ditampilkan selama PNM.

“PNM ini akan kita gelar sekali seminggu,” tutur Medi.

Medi mengatakan, rencana ini justru mendapat dukungan penuh dari pedagang. Terutama para pedagang di Permindo yang tergabung ke dalam Kesatuan Pedagang Jalan Permindo (KPJP).(charlie)

Loading...