Olimpiade Sains Nasional 2018 Dimulai

  • Whatsapp
Olimpide Sains Nasional 2018 dibuka secara resmi oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan RI, Hamid Muhammad bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Auditorium Universitas Negeri Padang, Senin (2/7).(arief pratama)

PADANG-Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 resmi ditabuh di Kota Padang, pada, Senin (2/7). Olimpide pendidikan tersebut dibuka secara resmi oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan RI Hamid Muhammad bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Auditorium Universitas Negeri Padang.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan, Hamid Muhammad mengatakan matematika dan teknologi merupakan unsur yang dapat menopang kemajuan negara.

Bacaan Lainnya

Saat ini semua negara berlomba untuk meningkatkan sains teknologi, enginering dan matematika

“Kunci utama kemajuan bangsa adalah sains. Siapa yang unggul di bidang ini akan memimpin di masa mendatang,” tuturnya.

Dijelaskanya, sains atau ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara. Kompetisi sains seperti OSN diyakini dapat menguatkan karakter peserta didik. Kerja keras, tekun, teliti, dan jujur menjadi keniscayaan jika ingin menjadi ilmuwan hebat.

Dia berharap, prestasi yang akan lahir di kompetisi ini dipersembahkan untuk kemajuan bangsa. Bukan kebanggaan semata karena berhasil mengalahkan lawan. Tetapi OSN akan menjadi wadah penyatu segala perbedaan dan menjadi pijakan dalam meraih prestasi gemilang bersama.

“Jadikan OSN ini sebagai arena memacu dan mendorong sesama teman yang datang dari berbagai daerah untuk lebih mempererat wawasan kebangsaan dalam bingkai NKRI,” tegasnya.

penyelenggaraan OSN juga dilakukan dalam rangka pembinaan dan pengembangan bakat, minat, dan prestasi peserta didik dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutanya, mengucapkan selamat datang dan bertanding kepada seluruh peserta.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk promosi Sumbar menjadi destinasi wisata di Indonesia melalui kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) yang merupakan salah satu kebijakan Pemerintah Sumbar” katanya,” ujarnya.

Dijelaskan lagi untuk peserta dari Sumbar pihaknya mengirimkan 40 siswa yang memiliki kemampuan di atas standar OSN. “Sebagai tuan rumah telah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah dan peserta OSN 2018 ini,” ujarnya

Sebagai penyelenggara pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan ini.

Dalam pembukaan OSN 2018 juga digelar seminar nasional tentang pendidikan dengan tema penguatan pendidikan karakter di sekolah, kemudian Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dengan tema Teaching with Love dan Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri dengan tema pembelajaran Revolusi Industri. (arief)

Pos terkait