Murid SDN 06 Sungai Nanam Bikin Komik

oleh
Siswa SDN 06 Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok memegang komik masing-masing saat foto bersama dengan penulis Yusrizal KW, Kepala Sekolah Maryunis dan Pengawas Sekolah Zulfahrizal dan Patrizal. (Waitlem)

SOLOK- Beberapa murid SD Negeri 06 Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok berhasil membuat komik dengan beragam topik.

“Ini hasil karya kelas V dan kelas VI,” ujar Rofi Suryadi, Guru SDN 06 Sungai Nanam, Sabtu (1/12) di Sungai Nanam.

Bermula dari adanya gerakan literasi sekolah (GLS), Rofi bersama guru lainnya mengajak siswa untuk menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan, seperti puisi, cerpen, gambar maupun cerita bergambar, komik. Dalam sepekan ternyata setiap siswa berusaha menuangkan idenya dengan cara masing-masing.

“Ternyata anak-anak bisa menuangkan idenya dalam berbagai bentuk karya,” ujar Maryunis, Kepala SDN 06 Sungai Nanam.

Hasil karya siswa tersebut dibundel dalam bentuk buku. Khusus karya berupa komik dibuatkan satu-satu buku kecil, mirip buku saku. Dicetak terbatas dengan pengolahan sederhana. Hasil penjilidan tersebut diberikan kepada siswa.

“Sambutan mereka luar biasa,” jelas Rofi, Ketua KKG Talago Biru Sungai Nanam ini.

Setelah melihat karya temannya dibukukan dalam buku-buku kecil, siswa lainnya tidak mau kalah. Dalam sehari dua hari saja muncul karya lainnya. Mereka berharap karyanya juga bisa dibukukan dan dibaca oleh temannya.

Melihat hasil karya anak-anak ini, Sastrawan Yusrizal KW, yang juga akrab dengan dunia anak-anak dan dunia tulis-menulis ini, langsung memperlihatkan ketertarikannya pada karya anak-anak SD ini.

“Ini layak untuk digarap menjadi buku ber-ISBN,” jelas Yusrizal KW, yang hadir di SDN 06 Sungai Nanam sebagai pemateri pada Diklat penulisan buku yang digelar oleh Talago Biru Menulis.  (Waitlem)

 

Loading...