Munas Forum Bumdes Datang Banyak Manfaat Bagi Sumbar

oleh

PADANG-Menjelang Munas Forum Bumdes Indonesia di Padang, 26-29 Agustus 2018, persiapan terus dimatangkan. Rapat koordinasi dilakukan secara maraton untuk memastikan kesiapan panitia.

“Kita ingin agar semua agenda yang sudah dipersiapkan, bisa benar-benar sesuai rencana,” kata Ketua Panita Munas Forum Bumdes Indonesia Dra Ernawati didampingi Sekretaris Panitia Dr Yuliana menjawab disela-sela rapat koordinasi di Padang, kemarin.

Pada rapat tersebut, dibahas secara detail agenda demi agenda selama empat hari tersebut. Agenda terpadat terjadi pada hari kedua dan ketiga. Dihari kedua, direncanakan acara akan dibuka Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, dilanjutkan dengan melantik pengurus Forum Bumdes Indonesia yang diketua salah seorang putra terbaik Ranah Minang, H.Febby Datuk Bangso.

Usai pelantikan, dilanjutkan FGD dan sidang-sidang komisi. Agenda berikutnya, diskusi tematik, diantaranya Bisnis Sosial (Layanan Dasar, Sampah, Air Bersih dan Listrik), Wisata Desa, Pengolahan Produk Unggul Desa, Perdagangan (Pasar Desa, Bumdesmart, dan Jasa Keuangan serta Jasa Non Keuangan).

Keesokan harinya, peserta akan berkunjung ke Bumnag Mande Tarusan Jaya, di Kabupaten Pesisir Selatan. Setelah kunjungan ke Bumnag Mande Tarusan Jaya, peserta dapat menikmati wisata ke kawasan Mande, obyek wisata favorit di Sumbar, sejak beberapa tahun terakhir.

Rapat koordinasi yang dilakukan secara maraton, menurut Ernawati, dimaksudkan agar persiapan benar-benar matang, sehingga memberikan kepastian terlaksananya semua agenda secara baik, “Kita ingin memberikan hasil terbaik agar terlaksananya semua agenda bisa diselesaikan secara sempurna,” katanya sembari menyebutkan, kehadiran 500 orang peserta Munas Forum Bumdes Indonesia tersebut merupakan berkah bagi Sumbar, khususnya mendatangkan banyak orang ke Ranah Minang.

Ia menyebutkan, ada enam agenda utama yang diusung. Pelantikan dan pengurus PB Forum Bumdes Indonesia, melaunching sarana media Bumdes, seminar peta jalan Bumdes Sukses di Indonesia, FGB tentang AD/ART Perubahan Forum Bumdes Indonesia, kelembagaan Bumdes, temu bisnis antara pelaku bisnis dengan Bumdes, diskusi kelompok membahas topik yang sedang hangat.

Ketua Forum Bumdes Indonesia yang akan dilantik, H.Febby Datuk Bangso, yang juga salah seorang putra terbaik Sumbar menyebutkan, melalui Bumdes, masyarakat desa diajak untuk mandiri secara ekonomi, sehingga desa tidak lagi tergantung pada pendanaan dari luar.

Disejumlah desa, kehadiran Bumdes terbukti telah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kontribusi PADes yang tidak sedikit. PADes digunakan untuk membangun sarana dan prasarana.

Ia juga membeberkan fakta, Bumdes tidak berorientasi pada profit semata, tetapi lebih berpikir dan memberikan capaian pada benefid oriented. Bumdes menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi masyarakat. (yose)

Loading...