Mantan Pecandu Narkoba di Padang Dapat Pelatihan Beternak Ikan

  • Bagikan

PADANG – Tujuh pemuda di Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Padang, beberapa diantaranya adalah mantan pecandu mendapat pelatihan beternak ikan.

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan bagian dari program yang dicanangkan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat dalam rangka mewujudkan Rawang sebagai Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba).

Lurah Rawang Ahmad Yani (Aye) mengatakan ketujuh pemuda tersebut merupakan warganya yang sebagian besar merupakan mantan pecandu narkoba yang sudah pulih di bawah binaan BNNP.

“Kita bekerja sama dengan BNNP Sumbar dan Dinas Perikanan, mengadakan pelatihan ini, bertujuan untuk memberi mereka keterampilan, sehingga bisa berusaha dan tidak kembali lagi terjerumus narkoba,” ujar Aye saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/08/2021).

Aye menerangkan, setelah mendapat pelatihan, para pemuda akan diberikan tanggung jawab untuk mengelola tambak-tambak yang disiapkan, termasuk dengan bibit ikan.

Menurut Aye, saat ini pihaknya sedang menyiapkan sebanyak tujuh buah kolam. Masing-masing kolam berukuran 2×2 Meter, yang nantinya masing-masing akan diisi dengan bibit ikan sebanyak 1.200 ekor.

“Saat ini kolam sudah siap dan sudah diisi air, namun harus kita tunggu satu Minggu agar suhu air stabil baru kita bisa isi dengan benih ikan,” tambahnya.

Nantinya para pemuda yang sudah mendapat pelatihan tersebut akan diserahkan untuk mengelola dan merawat kolam/tambak, mulai dari pemberian pakan, perawatan hingga saat panen nanti.

Ia berharap, melalui binaan BNNP, mantan pecandu tersebut dapat kembali menjadi produktif, sehingga dapat diterima masyarakat dan menjadi contoh bagi generasi muda lainnya. Selain itu juga dapat menjadi lapangan kerja dan sumber perekonomian baru di Kelurahan Rawang. (mat)

  • Bagikan