Kemendagri Dorong Inovasi Daerah dalam Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
Sejumlah OPD mengikuti Vidcon dengan Kepala Balitbang Kemendagri. (kominfo)

PARIAMAN – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang ) Kemendagri mengadakan webbinar dengan tema “Mendorong Inovasi Daerah Dalam Penanganan Covid-19”. Webbinar ini diikuti seluruh daerah di Indonesia, termasuk Bappelitbang Kota Pariaman.

Acara ini dipimpin Kepala Balitbang Kemendagri, A.Fhatoni melalui Video Conference (Vidcon ), Rabu (3/6). Peserta dari Pemko Pariaman mengikutinya di ruang Rapat Sekdako Pariaman.

Bacaan Lainnya

Kepala Balitbang Kemendagri A.Fathoni menyebutkan, inovasi daerah lahir di masa pandemi virus Covid-19 yang telah melahirkan dampak sosial ekonomi yang  massif secara global, yang banyak membawa perubahan mendasar dan cepat, sehingga bentuk penyesuaian harus dilakukan di semua aspek kehidupan.

“Covid-19 ini bukan hanya dapat ditinjau dari aspek medisnya saja, namun ada banyak dimensi non medis yang perlu mendapat perhatian kita bersama. Dalam perspektif inovasi, covid-19 justru menjadi pemicu inovasi yang mengubah jalan sejarah, mereformasi politik, ekonomi maupun sosial”, ujar Fathoni.

Kemudian Lomba Inovasi Daerah dalam rangka penyiapan dan rencana pelaksanaan tatanan kehidupan normal baru, yang produktif dan aman. Selain itu lomba ini juga bertujuan untuk mendorong gerakan nasional guna membuat dan melaksanakan protokol covid-19 dari, oleh dan untuk daerah. Untuk membuat kehidupan masyarakat yang produktif kembali, membuat kehidupan ekonomi dan aktivitas bisnis kembali.

Fathoni menjelaskan, ada tujuh sektor yang menjadi sasaran lomba inovasi daerah ini yaitu, pasar tradisional, pasar moderen, restoran, perhotelan, pelayanan terpadu, tempat wisata, serta transportasi publik. Lomba akan dinilai dengan kriteria adanya kesesuaian protokolcovid-19 dalam aplikasi/replikasi, kreatifitas serta kolaborasi/kerjasama mereka.

Lomba Inovasi Daerah ini berbentuk video pendek, yang mempunyai durasi maksimal 2 menit, dan isinya merupakan simulasi new normal life pada tujuh sektor tersebut, dan diikuti oleh seluruh provinsi, kabupaten, kota se-Indonesia, dan berakhir tanggal 8 Juni 2020.

Hadiah yang disediakan berupa piagam dan Dana Insentif Daerah. Dengan total hadiah yang telah dipersiapkan Menteri Keuangan RI sebesar Rp164 miliar. Dana Insentif daerah ini juga disediakan pemerintah untuk masing-masing pemenang atau juara I,II, dan III, dengan rincian Juara I sebesar Rp3 miliar, Juara II Rp2 miliar, dan Juara III Rp1 miliar.

Selain itu Kemendagri juga setiap tahunnya mengadakan penilaian pada indeks penilaian inovasi daerah yang perlu dilakukan setiap tahunnya, guna mendorong daerah untuk terus melakukan inovasi dalam kegiatan kepemerintahan, baik melalui tata pemerintahan dan pelayanan publik, atau lain sebagainya.

Hadir dalam vidcon tersebut Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Kepala BPBD,Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kepala Disperindagkop & UKM, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Kepala Dinas DPM, PTSP dan Naker, Dinas Kesehatan, serta Kasatpol PP Kota Pariaman. (agus)

Pos terkait