Harga Bawang Putih Berangsur Turun

oleh -170 views
Suasana sidak sembako jelang Ramadhan oleh tim Kemendag dan Pemprov Sumbar. yuke
PADANG-Memasuki pekan kedua Ramadhan, harga komoditas bawang putih mulai beransur turun Senin (13/5). Di kawasan Pasa Raya Padang contohnya harga salah satu bumbu masakan itu kini dijual dengan harga Rp38 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

Tinto Burhan yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang di Pasar Raya Padang mengatakan sejak seminggu jelang Ramadhan pembeli mengeluhkan harga bawang putih yang mencapai Rp90 per-kilogram.

“Hari ini sudah jauh menurun, saat ini bawang putih tanpa kulit pada Minggu sudah dijual pedagang dengan harga Rp44 ribu per Kilogram. Penurunan harga terjadi pasca digelarnya operasi pasar yang dilakukan pemerintah sejak beberapa hari yang lalu,”katanya.

Dikatakannya penurunan harga sudah terjadi sejak Jumat 10 Mai 2018 lalu yang mana digelarnya operasi pasar, dikesempatan itu pihak terkait juga memasok  bawang putih untuk pedagang.

“Sejak seminggu sebelum Ramadan harga bawang putih berkulit dijual Rp90 per kilogram, dan untuk bawang putih tanpa kulit harganya mencapai Rp100 ribu per Kilogram. Kenaikan tentu ditanggapi berbeda berbeda oleg pembeli,”ungkapnya.

Ditambahkannya pembeli banyak mengeluh karena kenaikan harga yang begitu drastis, sedangkan pada normalnya harga bawang putih hanya berkisar Rp24 ribu per kilogram.

Terpisah, Rina (34) warga Kota Padang pasca beransur turunnya harga bawamg putih pada Senin (13/5) siang mengaku bahwa harga tersebut sudah sedikit meringankan.

Ditambahkan Rina sebagai warga ia berharap pihak terkait bisa menjaga dan mengupayakan harga bawang putih kembali normal dan juga harga komoditas lain.

“Kalau bisa jangan ada harga yang naik lagi, apalagi masa-masa sebelum Lebaran,” pintanya.(411)

Loading...