BPOM Padang Pastikan Pabukoan di Pasar Raya Padang Aman dari Zat Berbahaya

oleh -1.891 views
Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, bersama Kepala BBPOM Padang, Martin Suhendri, Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal dan beberapa OPD, meninjau dan memeriksa makanan di Pasar Pambukoan, Pasar Raya Padang, Rabu (8/5). Deri oktazulmi
PADANG-Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perdagangan, memastikan seluruh kuliner yang disajikan pedagang di Pasar Pabukoan Pasar Raya Padang aman dikonsumsi masyarakat.
Rabu, (8/5),  dilakukan pemeriksaan 42 sampel makanan yang dijual para pedagang oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan Kota Padang.
Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan, seluruh pedagang yang berjualan di pasar Pabukoan ini, merupakan pedagang lama, hanya sebagian pedagang baru.
“Jadi pedagang yang berjualan di sini, kita lakukan pembinaan dan juga memperingati mereka agar tidak menggunakan bahan berbahaya bagi kesehatan,” kata Mahyeldi, saat peninjauan Pasar Pambukoan Pasar Raya Padang, Rabu (8/5).
Mahyeldi mengatakan, dengan dilakukannya pembinaan oleh dinas perdagangan, dipastikan seluruh pedagang di sini, tidak akan menggunakan bahan berbahaya bagi kesehatan.
“Untuk membuktikan itu, makanya kita bawa BPOM Padang di sini, menguji seluruh kuliner yang diperjual belikan pedagang,” ujar Mahyeldi.
Kepala BBPOM Padang, Martin Suhendri, mengatakan, ‎pemeriksaan kuliner di pasar pabukoan di Padang juga digelar di lima titik yang tersebar di Padang.
Khusus di Pasar Pabukoan Pasar Raya Padang ini, pihaknya mengambil 20 sample makanan yang dijual pedagang. Dari hasil uji yang dilakukan petugas terhadap 20 sample makanan ini bebas dari formalin dan rhodamin‎.
“Kita sudah uji 20 sample makanan ini, semuanya bebas dari formalin dan rhodamin. Selain itu, kita juga pastikan seluruh makanan ini tidak memakai borax,” kata Martin.
Selain memeriksa di Pasar Pabukoan Pasar Raya Padang, pihaknya juga membagi tim untuk memeriksa kuliner pambukoan di pasar pambukoan yang ada di Padang.
“Ada lima titik pemeriksaan pada hari ini. Khusus di Pasar Pambukoan Pasar Raya Padang, bebas dari bahan berbahaya,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal, mengatakan, sebelum didirikan pasar pambukoan yang merupakan dibawah pembinaan Pemko Padang, pihaknya telah melakukan pembinaan pada seluruh pedagang.
“Kita sudah lakukan pembinaan dan pemberitahuan kepada seluruh pedagang yang berjualan di pasar pambukoan. Apabila bagi mereka ketahuan menggunakan bahan berbahaya, kita akan tindak sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Endrizal.
Untuk Pasar Pambukoan Pasar Raya Padang, daya tampung pedagang sebanyak 60 pedagang. Namun, saat ini baru terisi 42 pedagang. “Kita akan selektif menerima pedagang yang berjualan di pasar pambukoan ini. Jangan sampai dagangan mereka merugikan masyarakat,” ujar Endrizal.
Terakhir Endrizal mengatakan, dengan diambilnya seluruh sample makanan yang ada di pasar pambukoan Pasar Raya Padang, dipastikan kuliner yang dijual di sini tidak ada mengandung bahan berbahaya.
“Kita sudah pastikan, tidak ada bahan berbahaya. Jadi, masyarakat jangan ragu lagi berbelanja pambukoan di Pasar Pambukoan Pasar Raya Padang,” tutupnya.109
Loading...