Berkumpul, Saling Membantu Demi Kesejahteraan Masyarakat

  • Whatsapp
Para anggota TNI AD yang dilantik pada 1997 dalam milad TNI AD 3197 One Sumbar Riau di Limapuluh Kota. (*)

PADANG – Sekitar 200 orang anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) wilayah Sumatera Barat – Riau berkumpul di Harau, Limapuluh Kota.

Tempatnya di Homestay Harau Safiq, para anggota TNI AD yang bertugas di Korem 032/Wirabraja dan Korem 031/Wirabima yang dilantik pada 27 Januari 1997 se-antero Indonesia bersenda gurau. Melepas semua atribut kedinasan. Berkumpul bersama keluarga bernostalgia kembali ke masa 23 tahun silam.

“Ya, kami berkumpul membawa keluarga besar, istri dan anak-anak. Rehat sejenak dari segala aktivitas pekerjaan dan rutinitas harian yang selalu ada setiap saat. Tepatnya, Sabtu (15/2) dan Minggu (16/2). Jadwal yang telah disekapati bersama untuk melakukan reuni para anggota TNI AD yang dilantik pada 1997,” jelas Ketua TNI AD – 3197 One Sumbar – Riau, Joni Susfianto didampingi Ketua TNI AD – 3197 One Sumbar, Afrizal kepada Singgalang.

Anggota TNI AD yang berasal dari Pekanbaru dengan suka cita datang berkumpul di Harau, Limapuluh Kota. Begitupula, dengan mereka yang tersebar berbagai wilayah Kabupaten Kota di Sumatera Barat.

“Kita berkumpul menjalin tali silaturahmi. Bercerita indahnya masa pendidikan. Kala itu, kami semua masih polos. Pemuda yang baru lulus SMA. Mendaftar sebagai anggota militer. Mengikuti pendidikan penuh kedisiplinan. Sebab, kami dibentuk sebagai anggota TNI AD yang mampu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” jelas Joni Susfianto yang pernah bertugas sebagai Prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Pasukan Baret Merah dan Korem 032/Wbr.

Ditambahkan Afrizal, masa pendidikan, kenangan tak terlupakan. Berjibaku dan berusaha keras lolos agar bisa dilantik sebagai anggota TNI AD seutuhnya. “Tepat, 27 Januari 1997, pendidikan berakhir dan kami dilantik sebagai alat pertahanan negara. Siap ditugaskan di wilayah kesatuan Republik Indonesia, menjaga keutuhan negara,” ucap Afrizal yang awal karirnya ditugaskan di Yonzikon 12/KJ di Palembang.

Kini, Afrizal yang bertugas di Kodim 0312/Padang itu kembali bernostalgia bersama teman-teman satu angkatan dilantik secara bersamaan di seluruh wilayah Indonesia.

“Mereka yang datang reunian itu semuanya berasal dari daerah pelantikan TNI AD berbeda-beda. Seperti berasal dari Secata B Padang Panjang dan Rindam I/Bukit Barisan di Siantar¬† dan Rindam II Lahat di Kodam II/Sriwijaya dan Kodam IV/Diponegoro. Berkumpul membawa istri dan anak-anak agar mereka mengetahui perjuangan bapaknya sebagai anggota militer,” jelasnya.

Tak hanya berkumpul dan bersilaturahmi, mereka memberikan santunan kepada anak yatim piatu yang berada di wilayah Harau. Berbagi sedikit rezeki dengan mereka yang membutuhkan. Bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Setiap tahun kami selalu menggelar kegiatan tersebut. Dengan lokasi yang berbeda.¬† Begitu pula daerah lainnya merayakan milad bersama demi mempererat tali silaturahmi sesama anggota,” katanya. (009)

Rekomendasi