BAZNAS Bersama UPZ Bank Permata Syariah Luncurkan Program Zmart di Padang Panjang

BAZNAS Bersama UPZ Bank Permata Syariah Luncurkan Program Zmart di Padang Panjang.(*)

PD. PANJANG – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Permata Syariah meluncurkan warung ritel saudagar, Zmart di Kota Padang Panjang, Minggu (20/11). Zmart merupakan salah satu upaya BAZNAS dalam mengembangkan program pemberdayaan ekonomi mustahik.

Pembukaan Zmart kali ini berlokasi di Jl. Bagindo Azis Chan No. 112 RT 08 Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang Panjang. Sebanyak 18 mustahik dilibatkan dalam program saudagar Zmart tersebut.

Peluncuran dilakukan oleh Deputi II BAZNAS RI DR. H. M. Imdadun Rahmat. Turut hadir Wawako Padang Panjang Asrul, Direktur Unit Usaha Syariah PT. Bank Permata Tbk Herwin Bustaman, Ketua UPZ Bank Permata Syariah Habibullah, Kepala Divisi Penyaluran UPZ dan CSR BAZNAS RI Ajat Sudarjat, Pimpinan BAZNAS Provinsi Sumatera Barat, Pimpinan BAZNAS Kota Padang Panjang dan pimpinan BAZNAS kabupaten/kota se-Sumbar.

Dalam sambutannya, Imdadun Rahmat mengatakan, kolaborasi BAZNAS dan UPZ Bank Permata Syariah ini merupakan upaya bersama dalam menjalankan program-program penyaluran untuk meningkatkan kesejahteraan umat, salah satunya melalui Zmart.

Imdadun menjelaskan, Zmart merupakan program pengembangan ekonomi mustahik yang digagas BAZNAS RI dan dikembangkan di setiap wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota. Saat ini, lanjut Imdadun, sudah ada sekitar 1.766 warung Zmart yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kolaborasi ini tentu sangat diperlukan guna membantu program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian sektor UMKM. BAZNAS akan terus berupaya mengembangkan usaha mikro dengan modal dari dana zakat untuk menyejahterakan umat,” ujar Imdadun.

Imdadun berharap, melalui program ini dapat terbentuk sebuah gerakan untuk berbelanja di warung kelontong, sehingga omzet mustahik pemilik warung akan terus meningkat.