Batang Lembang Kembali Meluap, Pemukiman dan Sekolah di Solok Direndam Banjir

  • Whatsapp
Kondisi pemukiman warga Rawangsari jorong Galanggang Tangah Selayo, Kabupaten Solok yang terdampak banjir batang Lembang sejak dinihari, Selasa (18/2). (Ist)

AROSUKA – Beberapa wilayah Kabupaten dan Kota Solok kembali di landa banjir musiman. Akibat intensitas curah hujan tinggi sepanjang Senin (17/2) hingga tengah malam, membuat Batang Lembang melimpah. Tak ayal, pemukiman warga yang berada di bantaran sungai di Kecamatan Kubung kembali terendam banjir.

Informasi yang dihimpun, kawasan perumahan Wahana Permai Jorong Subarang Nagari Kotobaru terendam banjir setinggi betis orang dewasa.

Baca Juga

Air luapan saluran irigasi yang berada di belakang komplek tersebut mulai naik sejak pukul 23.45 wib, seiring dengan curah hujan yang tak kunjung berhenti. Air naik begitu cepat, membuat warga yang tengah terlelap tidur menjadi kelabakan menyelamatkan barang-barang yang ada di dalam rumah.

Di bagian lain, kawasan Nagari Selayo banjir terjadi di wilayah Kalampayan dan Rawang Sari Jorong Galanggan Tangah. Air mulai naik sekitar pukul 02.30 Wib dini hari.

Pemuda setempat yang ikut berjaga-jaga sejak malam, Mora Dt. Rajo Kando menyebutkan, air naik setinggi pinggang orang dewasa di kawasan Kalampayan dan Rawang Sari.

Sejumlah rumah penduduk mulai dimasuki air luapan Batang Lembang. Kondisi terparah terjadi di kawasan SMAN 1 Kubung, SMPN 1 Kubung dan SD Negeri setempat.

“Di Galanggang Tangah Selayo ada sekitar 300 KK yang terdampak banjir, sebanyak 75 Kk dianraranya berada di dusun Rawang Sari, ” ungkap Mora.

Hingga berita ini ditulis, warga terus berjaga-jaga terhadap kemungkinan bertambahnya debit air. Sementara aktivitas masyarakat praktis menjadi terganggu. (rusmel)

 

Rekomendasi