Antisipasi Bencana, Pohon di Pariaman Dipangkas

  • Whatsapp
Walikota Genius Umar meninjau pemangkasan dan penebangan pohon pelindung di simpang empat Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah. (agus suryadi)

PARIAMAN – Pohon pelindung memiliki dahan yang banyak dan rimbun bisa membahayakan keselamatan warga. Hal ini bisa saja terjadi di kala angin kencang tiba, dahan yang rimbun bisa patah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Pemko Pariaman melaluhi OPD terkait melakukan pemangkasan dan penebangan. Pohon yang dipangkas berada di persimpangan empat, Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah.

Baca Juga

“Kita potong sebagian dahan pohon untuk antisipasi angin kencang dan badai agar tidak menimpa masyarakat,”  kata Walikota Pariaman, Genius Umar, Kamis, (13/2) saat meninjau langsung pemangkasan ataupun penebangan dahan pohon tersebut.

Dikatakannya, pohon yang ditebang diganti dengan pohon baru. Artinya dilakukan peremajaan, karena pohon yang lama tak memungkinkan untuk dipertahankan. Pasalnya berisiko di kala tiba angin kencang.

Genius mengungkapkan, peremajaan pada pohon yang dipotong dahannya serentak di sejumlah lokasi di Kota Pariaman. Sasarannya adalah pohon yang sudah tua dan memiliki dahan dan ranting yang lebat.

” Kita sudah perintahkan petugas di OPD terkait, untuk mencek semua pohon di sejumlah lokasi di Kota Pariaman ini. Jika ada yang rasanya perlu ditebang ya disegerakan, sebelum terjadi kecelakaan yang dapat menimpa masyarakat sekitar “, tuturnya. (agus)

Berita Terkait