Anak Muda Lubuk Alung  Dilatih Hadapi Bencana 

PARIK MALINTANG – Sebagai nagari yang luas dan banyak lokasi padat penduduk, tak ayal lagi Lubuk Alung, Padang Pariaman termasuk nagari yang paling banyak dapat ancaman sekaligus bencana kebakaran.

Untuk itu, kehadiran Barisan Pemadam Kebakaran (Balakar) di tengah masyarakat amat penting dalam pencegahan bencana, serta lahirnya masyarakat ramah bencana.

Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Padang Pariaman, Edison menyampaikan hal itu, Senin (30/7) saat sosialisasi dan pelatihan pencegahan bencana kebakaran di Aula Kantor Walinagari Lubuk Alung. Sosialisasi yang melibatkan pemuda dan walikorong di nagari itu secara resmi dibuka Walinagari Lubuk Alung, Hilman H.

Menurut Edison, bencana kebakaran datang pada umumnya disebabkan kelalaian dan kecerobohan masyarakat itu sendiri.

“Misalnya, lalai dalam memastikan api kompor gas mati dan jaringannya pun telah diputus, dan banyak lagi kasus kebakaran yang disebabkan kelengahan,” katanya.

Walinagari Lubuk Alung Hilman H menyambut baik sosialisasi tersebut. “Bencana memang suatu hal yang sangat tidak kita inginkan datangnya. Bencana datangnya secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan. Dan untuk inilah pentingnya sosialisasi ini dilakukan bagi anak muda dan walikorong yang ada di seluruh korong yang ada,” kata dia. (damanhuri)