Agam  

Perantau Paninjauan Dijamu Makan Basamo

Ibu-ibu anggota kelompok Dasawisma Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya manjujuang jamba berisi makan untuk disuguhkan kepada perantau. Maswir Caniago)

TANJUNG RAYA – Perantau asal Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam yang tergabung dalam organisasi Ikatan Keluarga Nagari Paninjauan (IKNP) melaksanakan acara Pulang Basamo untuk mengikuti Musyawarah Besar (Mubes).

Kedatangan perantau Nagari Paninjauan disambut masyarakat dengan makan basamo, Jumat (7/6) di pasar Nagari Paninjauan, yang juga dihadiri masyarakat empat jorong yang ada di Nagari Paninjauan.

Masakan yang disuguhkan kepada perantau semuanya dimasak 22 kelompok Dasawisma. Makan yang sudah dimasak dibawa ke rumah gadang Guguak, dan selanjutnya, ibu-ibu anggota dasawisma dengan berpakaian adat manjujuang jamba berisi makanan. Iring-iringan ibu-ibu diarak dengan tambua tansa menuju pasar nagari Paninjauan.

Demikian disampaikan ketua panitia IKNP pulang Basamo, Edison Katik Basa di sela-sela persiapan acara makan basamo, Jumat (7/6).

“Sebagaimana adat di Minangkabau, sebelum acara makan basamo terlebih dahulu diisi dengan pasambahan kamakan antara si pangka dengan si alek. Acara makan basamo merupakan salah agenda yang dibuat panitia untuk menyambut perantau. Perantau menyatu dengan masyarakat,”sebut Edison. (maswir)