Tim BPBD Tanah Datar dan Satgas PB Nagari Diterjunkan Bantu Evakuasi Pendaki di Gunung Marapi

Gunung Marapi erupsi setiap setengah jam. (ist)

BATUSANGKAR -Pemkab Tanah Datar menerjunkan tim dari BPBD Tanah Datar dan Satgas Penanggulangan Bencana (PB) nagari untuk membantu evakuasi para pendaki yang terjebak ketika Gunung Marapi erupsi.

“Saat ini ada 46 personel dari Tanah Datar. Yaitu, 15 orang dari BPBD Tanah Datar, 15 orang dari Nagari Koto Baru, 11 orang dari Pandai Sikek, dan 5 orang dari Nagari Aia Angek,” kata Bupati Eka Putra saat meninjau kondisi di seputaran Gunung Marapi, Senin (4//12) siang.

Eka Putra didampingi Kalaksa BPBD Tanah Datar Yusnen dan Camat X Koto Mukhlis, serta beberapa wali nagari berada di Nagari Koto Baru Kecamatan X Koto.

Bupati menyebut dari laporan diterimanya, pendaki yang naik dari Posko berada di Tanah Datar, yaitu Nagari Koto Baru berjumlah 27 orang, dan semuanya sudah turun dalam keadaan selamat.

“Jadi, tim evakuasi yang kita turunkan hadir untuk membantu para pendaki yang naik dari Agam, dan sampai saat ini masih terjebak,” ucapnya.

Berdasarkan pengamatannya selama berada di Nagari Koto Baru, ia melihat langsung Gunung Marapi erupsi setiap setengah jam. (ydi)