Tanah Datar akan Punya 80 Ribu Penghafal Alquran

oleh -379 views
Ilustrasi. (*)

BATUSANGKAR – Pemkab Tanah Datar melakukan seleksi terbuka guna mencari peserta waqaf 1.000 hafidz Alquran. Kegiatan tahun keempat itu rencananya bakal dihelat pada 13 Oktober nanti.

“Putra-putri Tanah Datar yang berminat dapat mengikuti seleksi terbuka yang digelar tim khusus. Ada empat tahap seleksi yang dilakukan,” ujar Kabag Kesra Setdakab H. Afrizon, Selasa (17/6), di Pagaruyuang.

Seleksi Tahap I dilaksanakan pada 21 Juli ini untuk peserta yang berasal dari Kecamatan X Koto, Batipuah, Batipuah Selatan, dan Pariangan. Tahap II diadakan Minggu (28/7) dengan alokasi peserta dari Kecamatan Rambatan, Limo Kaum, Tanjuang Emas, dan Padang Gantiang.

Seterusnya Tahap III pada Minggu (4/8), ditujukan kepada calon peserta dari Kecamatan Lintau Buo, Lintau Buo Utara, Sungayang, dan Sungai Tarab. Tahap IV, Minggu (11/8), peserta seleksi berasal dari Kecamatan Salimpauang, Tanjuang Baru, dan kegiatan remedi atau ujian ulangan bagi seluruh peserta yang sudah ikut seleksi, tapi belum berhasil lolos sesuai tahapan yang mereka ikuti.

Pada berbagai kesempatan, Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi menegaskan, pihaknya bertekad untuk mewujudkan daerah berjuluk Luhak Nan Tuo itu menjadi kabupate tahfidz.

“Hingga sepuluh tahun ke depan, kita bertekad akan melahirkan 80 ribu hafidz (orang yang menjadi penghafal) Alquran. Sesuai kalkulasi, angka tersebut tidak mustahil bisa dicapai, bila kita mencermati pengalaman tiga tahun belakangan, baik dari aspek petumbuhan rumah tahfidz maupun gerakan waqaf 1.000 hafidz,” ujarnya. (mus)

 

Loading...