Skuad Payakumbuh Juara Gala Siswa Indonesia 

oleh -319 views
Payakumbuh vs Sijunjung. (dede)

PADANG- Skuad Payakumbuh tampil juara di perhelatan Gala Siswa Indonesia (GSI) antar-SMP tingkat Sumbar 2018. Duel kontra Sijunjung pada Selasa (11/9) pagi di Lapangan FIK UNP Air Tawar, Padang, berakhir 4-2 (2-2) untuk Payakumbuh.

Laga antara Payakumbuh versus Sijunjung yang disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman, Kepala LPMP Sumbar Rasoki Lubis serta utusan Kemendikbud RI itu berjalan seru. Kedua tim memang layak bertarung di partai pamungkas tersebut.

Buktinya, pertandingan yang dipimpin wasit Bayu Pratama dengan asisten wasit 1 Fadlan dan asisten wasit 2 Ilham Arahman itu sampai memasuki menit 17 telah tercipta empat gol untuk kedua kubu.

Gol pembuka diciptakan skuad Payakumbuh disaat laga baru berjalan 9 menit melalui aksi Haris Dwi Afandi. Namun gol Haris Dwi Afandi itu bertahan hingga sampai menit 12. Semenit kemudian, tepatnya menit 13 Sijunjung mampu menyamakan skor 1-1 melalui aksi tak kalah ciamik pula oleh Huzan Hidayatullah. Dua menit berikutnya, menit ke-15 Payakumbuh yang dibesut pelatih Febriko S kembali unggul 2-1 melalui gol Lubas Satrya P. Tertinggal lagi, Sijunjung dengan juru taktik Roni Fazlan tak mau pasrah. Dua menit berikutnya skor 2-2 pun tercipta. Gol kedua pasukannya diciptakan Ufo Trinando. Skor 2-2 itu pun bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, taktik dan strategi kedua kubu tidak banyak perubahan. Pasukan Payakumbuh yang unggul dari postur badan memang memanfaatkan keunggulan itu. Sebaliknya, kubu Sijunjung yang kalah dalam postur badan namun dari segi teknik permainanan mereka banyak mendapat apresiasi dari penonton. Tak terkecauali dari dua pelatih yang ditetapkan menjadi tim talent scouting seperti herry Syarif dan Dedi Umar yang fokus memantau partai final itu.

Gol ketiga untuk Payakumbuh pun akhirnya terlahir pada menit 56 melaluiheading rancak sang kapten Lubas Satrya P setelah menerima umpan dari sepak pojok rekannya. Dan ditutup gol aksi M. Alsakra pada menit 65.

Skor 4-2 untuk Payakumbuh itu bertahan hingga wasit Bayu Pratama meniup peluit tanda laga bubaran.

Walau skuad Payakumbuh juara namun berdasarkan hasil kesepakatan dan ketentuan berlaku maka tidak semua pemain Payakumbuh yang berhak dibawa ke tingkat nasional yang kabarnya akan dibentang pada Oktober mendatang.

Komposisi pemain untuk wakil Sumbar di GSI tingkat nasional 60-40. Artinya, sebanyak 7 pemain dari tim juara dan 11 pemain hasil dari pantaun tim talent scouting yang tengah menggodok hasil pantauan dari Herry Syarif bersama Dedi Umar. (dede)

Loading...