Peringatan Hari Santri di Padang Panjang Diiringi Gerimis

Padang Panjang – Meski diiringi gerimis, upacara peringatan Hari Santri VIII-2022 tetap berlangsung sukses di halaman Pesantren Terpadu Serambi Mekkah, Sabtu (22/10/2022).

Bertindak selaku inspektur upacara, Wakil Wali Kota Asrul, diikuti Forkopimda, kepala Kantor Kemenag, santriwan dan santriwati serta undangan lainnya.

Hari Santri merupakan sebagai momentum mengingat dan mengenang jasa para santri yang sudah berjuang untuk menegakkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Asrul membacakan amanat Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan, tema Hari Santri kali ini adalah “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Maksudnya, santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

“Dulu, ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga, berperang melawan penjajah,” sampainya.

Ditambahkan, meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya.