Mahasiswa KKN Unand Gelar Expo Aneka Produk Olahan dari Jagung

oleh -238 views
Serah terima mesin untuk Keltan Mitra dan UMKM dari KKN-PPM Ristek Dikti Unand disaksikan Bupati Pasaman Barat Syahiran, pada KKN Expo mahasiswa di Nagari Persiapan Giri Maju, 30 Juli. (ist)

SIMPANG AMPEK – Bupati Pasaman Barat Syahiran menghadiri KKN Expo Mahasiswa Unand di Nagari Persiapan Giri Maju, Kecamatan Luhak Nan Duo.

Kegiatan itu merupakan salah satu agenda yang diangkat Mahasiswa KKN Unand dengan daerah pengabdiannya Plasma 4 dan 5 ini.

Selain bupati dan jajaran, kegiatan ini juga dihadiri Ketua PU-KKN Universitas Andalas, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan, Camat Luhak Nan Duo, Walinagari, dan pejabat lainnya. Kedatangan Bupati dan rombongan ini disambut dengan tari pasambahan oleh siswa MTs Al Muhajirin Giri Maju.

“​Agenda Expo ini merupakan rangkaian puncak kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa Unand dari 28 Juli 2018,” ujar Ketua KKN Unand Aprialis sebagaimana dilaporkan oleh Rafki Saputera, Kamis (2/8/2018) di Padang.

Expo menampilkan berbagai hasil program kerja KKN selama kurang lebih satu bulan terakhir. Dalam expo dipamerkan berbagai macam produk olahan jagung yang merupakan salah satu program kerja utama mahasiswa yang ber-KKN.

“Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah jagung dalam bentuk makanan olahan jagung. Produk jagung yang dipamerkan antara lain tepung jagung, mie, donat, kerupuk, dodol, kukis, dan banyak lainnya,”ujar Aprialis.

Pada acara ini juga ditampilkan berbagai macam UMKM yang didampingi mahasiswa selama berkegiatan di Giri Maju dan beberapa produk olahan jagung yang dilombakan sebelumnya pada 28 Juli 2018.

Pada rangkaian agenda lainnya, dalam acara Expo ini juga dilakukan serah terima mesin pemipil jagung dari Tim KKN Unand kepada kelompok tani 82 dan 89 sebagai kelompok tani mitra kegiatan KKN-PPM Ristek Dikti yang diserahkan DPL Pelaksana Program Dr. P.K. Dewi Hayati kepada ketua masing-masing kelompok. (rel/arief)

Loading...