Komisi Informasi Menghadapi Tantang Berat ke Depan

  • Whatsapp
Adrian Tuswandi. (singgalang)
PADANG-Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Hendra J Kede meminta Komisi Informasi Sumber menggali nilai keadilan dalam memutuskan sengketa informasi publik.
Pesan tersebut disampaikannya pada pelantikan Komisioner KI Sumbar Senin (11/2) di Aula Kantor Gubernur Sumbar. Diharapkannya, ke depan KI memilik tantangan yang berat.
“Saya berharap teman-teman betul-betul menggali nilai keadilan yang hidup di tengah masyarakat. Sehingga dapat memutuskan sengketa yang berkaitan dengan informasi publik secara adil,” jelasnya.
Dikatakannya, agar keterbukaan informasi tetap berjalan. Apalagi, dalam pemilihan umum. Maka, diperlukannya keterbukaan sepenuhnya kepada publik, salah satunya yakni publik mesti mengetahui data pribadi calon anggota legislatif tesebut. Ini tantangannya, karena data pribadi dilindungi, sementara KPU sebagai badan publik juga bisa diminta untuk membuka informasi publik.
“Kecenderungan saat ini di KPU Pusat tidak sampai dalam hal itu, membuka data Caleg dari segi pribadi tersebut. Bahkan, ada partai yang tidak mencantumkan hal itu,” katanya.
Namun, kata Hendra J Kede, seharusnya penyelengara pemilu mesti memberikan seluruh data tersebut, sehingga masyarakat benar-benar mengetahui informasi caleg yang dipilihnya. Sebab, caleg ini merupakan calon pejabat di badan publik. Seperti DPR dan DPRD.
“Tapi yang jadi pertanyaan kenapa masyarakat tidak boleh mengetahui data wakilnya yang duduk di badan publik. Padahal Undang-undang mengatur hak tahu masyarakat itu merupakan hak kontitusional,” ujarnya.
Dilanjutkannya, memang pada undang-undang Komisi Informasi tidak mengatur hal tersebut, sebab itu merupakan ranah data pribadi. Tetapi, KPU punya kesempatan untuk mengatur itu. Karena, informasi data pribadi calon itu itu tersimpan dalam dokumen KPU.
Gubernur Irwan Prayitno berharap dengan telah dilantiknya lima orang komisioner ini, maka KI dapat menjalankan fungsi strategis mengawal lalu lintas informasi di Sumbar, termasuk berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan.
Usai dilantik para komisioner langsung menggelar rapat pleno pukul 15.15 WIB untuk menetapkan struktur KI Sumbar. Hasilnya, Adrian Tuswandi remsi terpili sebagai ketua KI. Kemudian Nofal Wiska wakil ketua, Arif Yumardi Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi, Tanti Endang Lestari Ketua Bidang Kelembagaan, Arfitrianti Bidang Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi (ASE). (yose)
  • Whatsapp

Pos terkait