Ketua DPRD di Jemput Paksa Ninik Mamak se Pasbar ke Kantor Bupati

Para ninik mamak ditemui Ketua DPRD, Erianto di kantor Bupati Pasaman Barat. (Andika)

PASBAR – Menunggu sekitar dua jam, ninik mamak se-Pasaman Barat jemput Ketua DPRD, Erianto yang tengah menghadiri acara di aula kantor bupati. Sejatinya, para ninik mamak tersebut datang menghadiri undangan DPRD untuk mengikuti hearing. Akan tetapi sudah molor sekitar 2 jam dari jadwal undangan, hearing tersebut batal digelar.

“Kami sudah menunggu dari pukul 10.00 WIB, tapi tidak ada pimpinan DPRD yang datang, yang menghampiri kami hanya Bapak Baharuddin R sebagai anggota DPRD. Pemberitahuan kepada kami juga tidak ada, ” Kata Ketua Peradilan Adat Pasaman Baray, Dt. Anwir.

Dia katakan, para ninik mamak merasa kecewa kepada Ketua dan DPRD Pasaman Barat yang sudah menelantarkan para ninik mamak di ruang sidang DPRD. Padahal mereka datang atas undangan yang ditandatangani ketua DPRD.

“Yang hadir ini pengurus KAN se-Pasaman Barat dan LKAAM Pasaman Barat, ” katanya.

Tak sabar menunggu di kantor DPRD para ninik mamak sepakat mendatangi ketua DPRD yang sedang menghadiri acara di aula kantor bupati. “Kami jemput ketua DPRD, sekaligus mempertanyakan ada apa sebenarnya dengan DPRD Pasaman Barat. Kami merasa tidak dihargai oleh lembaga yang terhormat itu, ” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua KAN Sinuruik, H. Baharuddin R mengatakan, supaya para ninik mamak ini dihargai. Sebab kedatangan mereka atas undangan ketua DPRD.

“Supaya kami dihargai, saya melihat ada ketidak pedulian terhadap ninik mamak di Pasaman Barat ini. Ini namanya pelecehan. Yang mengundang Ketua DPRD, ” Kata Baharuddin R yang juga anggota DPRD Pasaman Barat.