IAIN Batusangkar Jalin Kerjasama dengan UBH dan UMSB

  • Whatsapp
Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora dengan Rektor (UBH) Tafdil Husni, dan Rektor UUMSB) Dr. Riki Saputra. (ist)

 

BATUSANGKAR – IAIN Batusangkar menggandeng dua perguruan tinggi swasta terkemuka di Sumbar, yakni Universitas Bung Hatta dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dalam kerjasama kependidikan dan kemahasiswaan.

Bacaan Lainnya

Akad kerjasamanya dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc dengan Rektor Universitas Bung Hatta (UBH), Prof. Dr. Tafdil Husni, M.B.A. kemudian Rektor Universitas Muhammadiyah Sumbar (UMSB) Dr. Riki Saputra, M.A. didampingi Ketua Lembaga Kerjasama Ir. Surya Eka Priana, di Rocky Plaza Hotel Padang.

Dalam keterangannya, Senin (1/3), Rektor Marjoni didampingi Warek Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama Dr. Sirajul Munir, berharap MoU ini dapat memberikan keuntungan yang positif bagi keberadaan dunia pendidikan, terutama untuk kegiatan kemahasiswaan.

“Disepakati juga kerjasama dalam memperluas pengabdian dan publikasi Ilmiah berupa joinseminar, kolaborasi penelitian antara IAIN Batusangkar bersama kedua perguruan tinggi tersebut,” kata Rektor.

Dikatakan Marjoni, sekarang IAIN Batusangkar berkeinginan untuk memperkuat karakter mahasiswa dan mempunyai wawasan keilmuan dalam memasuki slogan memasuki era kampus merdeka.

“Saat ini kita terus rangkul beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, hingga ke luar Provinsi. Guna untuk mewujudkan alih staus IAIN Batusangkar menjadi UIN,” timpalnya.

Menurutnya, kegiatan demikian merupakan bentuk dari penguatan pendidikan berkarakter harus dimulai sejak dini. Jika nilai-nilai integritas dan pembentukan kepribadian positif dilakukan, tentu mahasiswa akan memiliki karakter yang kuat, dan dapat mempengaruhi status institusi.

Perguruan tinggi, lanjutnya, punya tugas mengawal pendidikan agar menjadi mahasiswa berada di garda terdepan, terlebih saat masih dilanda wabah Covid-19 ini, jangan sampai melemahkan keberadaan pendidikan. (ydi)

Pos terkait