Belum Ada Parpol Daftarkan Bacaleg ke KPU Agam

  • Whatsapp

LUBUK BASUNG – Hari kelima dibuka, masih belum ada berkas pendaftaran bakal calon legislatif yang datang ke komisi pemilihan umum, (KPU) Agam. Sejak dibuka tanggal 4 juli, ruang pendaftaran bakal calon wakil rakyat masih terlihat sepi.

Divisi Hukum dan Organisasi, AlHadi, kepada Singgalang, Senin (9/7) mengatakan, banyaknya penyiapan berkas pendaftaran caleg, membuat caleg memerlukan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan berkas, setelah penyerahan berkas.

Bacaan Lainnya

” KPU Agam akan melakukan verifikasi, jika persyaratan belum lengkap para calon akan diberi waktu untuk melengkapi lagi,” katanya.

Banyaknya persyaratan yang harus dilengkapi membutuhkan waktu lama, biasanya para calon mengantarkannya pada minggu terakhir, jika ada yang belum lengkap, caleg diminta agar melengkapi kekurangan dari persyaratannya.

KPU meminta agar partai yang menjadi peserta pemilu harus mempersiapkan betul bakal calon yang akan dimunculkan di setiap Dapil, jika tidak memenuhi syarat, maka tidak bisa mengikuti pemilu di Dapil yang bersangkutan.

“Partai politik yang ada di kabupaten Agam harus memiliki calon legistalif sebanyak 45 orang yang dibagi dengan banyak kursi di setiap Dapilnya serta harus memasukkan calon wanita sebanyak 30 %,“ katanya.

Tidak hanya itu bagi calon legislatif yang terpidana maupun sudah menyelesaikan masa pemidanaannya, dan secara komulatif dan jujur mengemukakan kepada publik serta mencantumkan daftar riwat hidup.

Hal tersebut sesuai dengan pasal 8 ayat 1 poin b angka 12 dan 13 peraturan KPU RI. (mursyidi)

Pos terkait