Katupek Pitalah, Menu Sarapan Pagi Legendaris

PADANG PANJANG – Sumbar gudang kulinernya di Indonesia ini. Banyak makanan yang akrab di lidah masyarakat banyak. Sebut saja randang, dendeng dan lainnya.

Namun tidak hanya itu, untuk menu sarapan pun banyak aneka kuliner yang tersedia. Salah satunya adalah katupek pitalah. Sarapan yang satu ini terkenal di daerah Padang Panjang dan Tanah Datar. Tidak ada yang tidak pernah merasakan kattupek pitalah. Ini menjadi sarapan wajib ada di daerah tersebut.

Katupek Pitalah atau ketupat sayur merupakan kuliner favorit orang Minangkabau. Pitalah sendiri merupakan sakah satu daerah yang berada di Tanah Datar. Namun kehadiran katupek pitalah lebih dominan di Padang Panjang dikarenakan sebagai kota perlintasan yang ramai dikunjungi oleh masyarakat maupun pendatang.

“Warung katupek pitalah ini sudah berdiri sejak 45 tahun yang lalu, bermula dari nenek (Nuraini) yang membuka usaha ini, kami asli orang pitalah, seiring berjalannya waktu, warung katupek pitalah ini dilanjutkan oleh anak cucu beliau, termasuk saya,” ujar cucu nenek Nuraini, Nurullita Azizi usai kami mencicipi sepiring katupek pitalah disana.

Ia menyebutkan, katupek pitalah ini kuliner sederhana yang terdiri dari gulai yang berisi sayur lobak, cubadak (nangka) dan rabuang (rebung), namun ciri khas dari katupek pitalah ini yaitu kuahnya yang kental dan nikmat.

Penyajiannya pun unik, katupek yang terbuat dari daun kelapa ini hanya di belah bagian tengahnya saja tanpa harus dipotong-potong, lalu disajikan dengan gulai sayur dan menariknya lagi tanpa diberi kerupuk merah yang biasa kita temui di jajanan lontong lainnya.

Jika ingin merasakan nikmatnya Katupek Pitalah ini, hanya dengan uang Rp. 8.000 saja, Anda sudah mencicipi katupek pitalah ini. Jika porsi makan hanya sedikit, pembeli juga dapat menikmati katupek pitalah setengahnya dengan hargaRp. 5.000 saja.

Katupek Pitalah tidak hanya dapat Anda jumpai di Sumbar, khususnya Padang Panjang saja, melainkan juga di Indonesia. Untuk Padang Panjang sendiri, Warung Katupek Pitalah ini memiliki banyak cabang diantaranya ada di Simpang Padang, dekat Masjid Bahrin dan Ngalau.

“Selain itu Katupek Pitalah ini juga sudah membuka cabang di daerah Bekasi tepatnya di SPBU Jalan Baru Underpass Suren Jaya Bekasi Timur, jadi masyarakat ataupun perantau kita masih bisa menikmatinya disana,” jelasnya. (kominfo/jas)