Memprihatinkan, di Sumbar Kasus HIV/AIDS di Dominasi Laki-Laki

Ilustrasi. (*)

PADANG – Memprihatinkan, pada tahun 2019 pengidap HIV/AIDS di Sumbar didominasi laki-laki. Hal itu terungkap berdasarkan data di Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat per November 2019.

“Penderita HIV laki-laki sebanyak 410 dan AIDS207 kasus. Kendati demikian, kasus serupa yang juga melibatkan perempuan juga banyak yaitu 109 kasus HIV dan 38 kasus AIDS,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sumbar Linarni Jamildi Padang seperti dikutib dari antarasumbar.com.

Dilihat dari kelompok umur, rentang usia penderita HIV/AIDS yaitu berusia 25 sampai 49 tahun sebanyak 482 dengan rincian 384 kasus HIV dan 98 kasus AIDS. Dapat disimpulkan usia produktif lebih banyak terjangkit HIV.

“Secara spesifik virus HIV/AIDS menyerang dan menghancurkan sel darah putih atau limfosit yang penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

HIV/AIDS tidak bisa menular melalui ciuman, bersin, gigitan nyamuk, bersalaman, jarum steril dan lain sebagainya. Akan tetapi lebih lanjut ia mengatakan penularan virus HIV/AIDS bisa melalui transfusi darah, air susu ibu (ASI), sperma, jarum suntik yang tidak steril, dan cairan dubur.

“Tidak hanya itu, salah satu penyebab paling besar penularan virus HIV/AIDS juga bisa melalui hubungan seks bebas, seperti hubungan antara lelaki sesama lelaki,” imbuhnya

Ia mengimbau masyarakat agar segera melakukan pemeriksaan diri sejak dini dan bagi masyarakat yang sudah berumah tangga supaya setia pada pasangan.

“Bagi masyarakat yang sudah terinfeksi agar segera berobat, minum obat secara teratur dan konsultasi pada dokter secara terus menerus sesuai anjuran,” kata dia.(mat/ant)