Wow Keren! Padang Kini Punya Satgas Pandeka

Kapolresta Padang perkenalkan Satgas Pandeka, terhadap masyarakat dengan berkeliling mengunakan motor Patroli, Jumat(25/5) . arief pratama

PADANG-Polresta Padang membentuk Satuan Tugas Patroli Nagari Demi Keamanan ( Satgas Pandeka) yang bekerja mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di malam hari. Satgas itu dibentuk melalui serangkaian seleksi khusus.

Kapolresta Padang AKBP Yulmar Tri Himawan Jumat (25/5) mengatakan, hanya polisi-polisi pilihan saja yang bisa bergabung dalam Satgas tersebut.

“Dari serangkaian proses seleksi tersebut kami mendapatkan 50 anggota polisi yang siap untuk melakukan tugas-tugas taktis. Khususnya di malam hari di seluruh wilayah hukum Polresta Padang,” katanya.

Setelah terbentuk, anggota Satgas tak langsung diterjunkan untuk menjalankan tugas. Ada serangkaian pelatihan yang harus dilakukan.

“Satgas Pandeka ini sudah dididik dan dilatih selama dua minggu. Pelatihan itu sangat penting dilakukan untuk membentuk keterampilan para anggotanya dalam menghadapi permasalahan,” ujarnya

Banyak hal yang khusus dilakukan nanti oleh tim Pandeka ini. Misalkan saja, untuk menghadapi gangguan kamtibmas seperti mencegah tawuran, balap liar dan aksi kriminal lainya.

Tim itu diharapkan bisa memantau setiap peristiwa secara tajam serta punya insting kuat dalam menangani sesuatu.

“Dengan terbentuknya tim ini diharapkan setiap sudut lingkungan masyarakat akan selalu terjaga keamanannya,” sebut Yulmar Try Himawan didampingi Kabagops Polresta Padang Kompol Ediwarman.

Tim Pandeka juga diharapkan bisa cepat menyerbu peristiwa-peristiwa yang mengganggu keamanan di Kota Padang. (arief)