Webinar Literasi Digital 2021 di Kabupaten Solok Selatan, Bijak Bermedia Digital

  • Bagikan

SOLSEL – Bijak adalah memiliki kemampuan untuk membedakan dan menilai suatu kebenaran dengan tepat. Ciri-ciri orang bijak adalah haus informasi, mampu mengatasi masalah, selalu berpikir jernih, berpikir sebelum berbicara, tidak pernah menganggap dirinya cerdas, dan selalu bertanya dengan pertanyaan yang tepat.

Hal itu dikatakan Additional Drummer Noah dan Enterpreneur Rio Alief Radhanta, M.M saat menjadi pemateri dalam roadshow webinar Literasi Digital 2021 untuk Solok Selatan pada Sabtu 25 September 2021 pukul 09.00 WIB dengan tema besar Bijak Bermedia Digital.

“Terjebak dengan konten hoaks, gaya hidup konsumtif, melihat hal-hal yang belum sepantasnya, mengalami stress, dan depresi akibat cyberbullying. Tips bijak bersosial media yaitu, hindari penyebaran informasi pribadi, ketahui konten yang bersifat publik dan privasi, cek kebenaran informasi, dan gunakanlah kata-kata yang sopan atau tidak menyinggung perasaan orang lain,” ungkapnya.

Konten media yang bersifat privasi di dalam gadget sangat beresiko tinggi. Tips agar terhindar dari kejahatan penyalahgunaan informasi digital dengan menguasai apps, update password, hapus aplikasi tidak penting, rutin memeriksa history, dan sebarkan hal yang positif.

“Untuk bermedia digital kita juga harus paham mengenai etika digital atau berinternet antara lain, berhati-hati dalam melanjutkan email ke orang lain, menggunakan email sebagai pesan pribadi, jangan menggunakan huruf besar atau kapital, dan mengutip dari internet kutiplah seperlunya,” kata pemateri lainnya yaitu Dr. Ulya Ilhami Arsyah, M.Kom yang merupakan Dosen Universitas Indonesia YPTK Padang.

Sementara itu Key Opinion Leader Desrianto, ST yang merupakan Trader menambahkan bahwa bijaklah dalam menggunakan sosial media karena dapat berdampak buruk jika kita tidak menggunakan internet dengan baik dan benar.

“Dengan adanya internet memudahkan kita untuk berinteraksi dan mencari informasi sebanyak-banyaknya,” jelasnya.

Terpisah, sebelumnya, pada pembukaan webinar yang direncanakan akan di gelar di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

”Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis/mat)

  • Bagikan