Warga Muaro Pingai Bersihkan Jalan, Jalur TdS Disurvei

oleh
Pembersihan jalur TdS di kampung batu dalam yang terkena longsoran tanah. (ist)

AROSUKA – Tim teknis gabungan panitia Tour de Singkarak (TdS) Kabupaten Solok melakukan survei jalur etape di daerah penghasil ikan bilih itu. Survei jdilakukan dua gelombang, pagi dan siang, Jumat (26/10) sebagai hasil kesepakatan rapat teknis yang dilaksanaka sehari sebelumnya.

Tim survei jalur etape TdS di antaranya Kepala Disparbud Kabupaten Solok, Dinas PUPR, Dishub, Satpol PP, Polres Solok, Kodim 0309 dan stakeholder lainnya. Survei pertama (pagi) dilaksanakan ke jalur keliling Danau Singkarak, mulai dari dermaga Singkarak – Sumani – Muaro Pingai – Paninggahan – Kacang dan Tikalak.

Dari pantauan, linier dengan semangat panitia iven balap sepeda internasional itu, animo masyarakat terlihat cukup tinggi menyambut helat olahraga balap sepeda bernuansa wisata itu. Tatkalan tim survei memasuki kawasan Muaro Pingai, masyarakat setempat sedang melaksanakan goro membersihkan pingggir jalan utama lintasan TdS.

” Kita telah mensosialisasikan kepada masyarakat agar melakukan goro membersihkan jalan yang akan dijadikan jalur TdS,” ungkap Camat Junjung Sirih Herman, yang langsung terlibat bersama warga Muaro Pingai dan Wali Nagari melakukan gotoroyong.

Survei kedua dilaksanakan ke jalur Muaro Paneh – Bukik Sileh – Simp. Tanjung Nan IV. Di lokasi ini, tim juga menemukan kegiatan pembersihan jalan akibat bencana longsor di kawasan Nagari Kampung Batu Dalam.

Sebuah alat berat dikerahkan agar jalur ekstrim yang berada di pinggir danau Dibawah kecamatan Danau Kembar menjadi lancar.

“Kita harapkan tanah bekas longsoran yang sempat menganggu mobilitas, cepat teratasi dan kondisinya kembali seperti sediakala,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Yandra.

Disebutkan, Satu Dekade pelaksanaan TdS diharapkan memberikan gezah dan danpak besar terhadap kemajuan sektor pariwisata Kabupaten Solok. Untuk mendukung itu, pihakhya akan meramaikan event balap sepeda internasional itu dengan serangkaian kegiatan pra TdS yang dikemas dalam Gebyar Satu Dekade TdS Solok Lima Danau.

Terkait kegiatan tambahan itu, Kasi Pengembangan Wisata Dinas Pariwisata Kab. Solok, Nolly Ekamardianto menjelaskan, rangkaian event Satu Dekade Gebyar TdS disemarakkan dengan olahraga funbike dan KIM di Dermaga Singkarak (start/finish) Saniang Baka. Kemudian eksebisi senam massal dengan jingle TdS di Arosuka, serta Lomba lari Lima Danau 10K di Alahan Panjang Resort.

” Kita menyediakan berbagai doorprize yang menarik dalam mensukseskan kegiatan ini,” tutur Nolly. (rusmel)

 

Loading...