Warga Ketakutan, Padang ‘Jadi’ Kota Begal

oleh
Ilustrasi. (*)

PADANG – Kota Padang kini pada malam hari menjadi menakutkan karena begal motor semakin merajalela menjalankan aksinya. Boleh dikatakan, hampir tak ada sudut kota yang aman dari tindak kriminal begal tersebut.

Banyak warga merasa takut keluar rumah untuk beraktivitas pada malam hari. Bila terpaksa keluar pun dengan perasaan was-was dan kewaspadaan tinggi.

Hal itu dikatakan salah seorang warga kota, Joni baru-baru ini. Menurutnya, banyak aksi tindak kriminal begal telah terjadi akhir-akhir ini.

Tak hanya melarikan motor korbannnya, malah menganiaya hingga sampai membunuh. Uniknya lagi pelaku para remaja belasan tahun dan diantaranya ada perempuan.

“Kita selaku warga kota kini sungguh tak nyaman. Bila sudah malam hari rasa ketakutan itu sudah mulai muncul. Apalagi, bila ada anak kita yang belum pulang pada malam hari,”ujar Joni.

Warga lain, Dewi juga sangat khawatir dengan anak gadisnya yang pulang kerja pada pukul 21.00 WIB dengan motor.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi, terpaksa bapaknya yang mengawal pulang setiap malam pulang kerja. Tentu, kami bertanya sampai kapan kondisi seperti ini,”ujarnya.

Warga heran, tindakan kepolisian dan instansi terkait belum terlihat maksimal untuk mengatasinya.

Pada tempat terpisah, Sekda Kota Padang, Asnel mengatakan, dia mengakui kondisi keamanan yang kurang stabil saat ini. Langkah yang dilakukan Pemko Padang saat ini dengan melakukan razia rutin setiap hari Satpol PP Kota Padang dengan SK4. (syawal)

Loading...