Walikota Payakumbuh: Partisipasi Pemilih Diharapkan Meningkat

  • Whatsapp
Riza Falepi. (ist)

PAYAKUMBUH – Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ini sudah di depan mata. Untuk itu, Walikota Payakumbuh Riza Falepi berharap, angka partisipasi pemilih pada Pilkada Sumatera Barat ini tetap tinggi sebagaimana pelaksanaan Pemilu 2019 lalu.

Sebagai bahan evaluasi, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu legislatif dan Pemilihan presiden 2019 mencapai angka di atas target yang ditetapkan pemerintah sebesar 77,5 persen.

“Harapan kami angkanya tetap tinggi seperti pemilu legislatif dan pemilihan presiden tahun lalu. Meski sekarang pada masa pandemi Covid-19, kita berharap tingkat pertisipasi itu tidak turun. Sehingga apa yang menjadi target dari KPU sebagai penyelenggara bisa terwujud, yakni menciptakan Pilakda berkualitas di tengah pandemi tanpa melanggar protokol kesehatan,” ujarnya, kepada Singgalang, Selasa (29/9).

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam upaya untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, telah melakukan beberapa hal. Diantaranya menyelenggarakan sosialisasi Pilkada serentak tahun 2020, menerbitkan beberapa surat edaran kepada bupati/wali kota, penyelenggara Pilkada dan Surat Edaran perihal Penganggaran Pilkada serentak tahun 2020. “Dengan adanya upaya yang telah dilakukan itu, kita berharap partisipasi masyarakat bisa meningkat. Kalaupun tidak meningkat, minimal sama dengan tingkat pertisipasi pada Pileg lalu,” tambahnya.

Selain itu, Walikota Riza juga mengimbau, agar masyarakat juga melaksanakan Maklumat Kapolri tentang kepatuhan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada Sumatera Barat tahun 2020. “Keselamatan jiwa adalah yang paling utama, pakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan. Tidak melakukan arak-arakan, konvoi dan sejenisnya. Kita ingin Pilkada 2020, aman dan sehat,” pungkas Riza. (bule)

  • Whatsapp

Pos terkait