Walikota Pariaman Imbau 42 ODP Isolasi Diri

  • Whatsapp
Pemko Pariaman membentuk Posko Penanggulangan virus Covid-19. Posko berdiri di falaman Balaikota setempat. (ist)

PARIAMAN – Di Kota Pariaman, jumlah notifikasi sebanyak 481 orang, dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 42 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang. Ini berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan setempat yang berasal dari laporan tujuh Puskesmas.

Walikota Pariaman Genius Umar mengimbau para ODP dan PDP untuk dapat mengisolasi diri terlebih dahulu. Kepada Dinas Kesehatan agar dapat terus memantau dan mendampingi masyarakat yang ODP dan PDP ini, agar tidak keluar terlebih dahulu sampai hasil test nya nanti keluar.

Baca Juga

Dikatakan Walikota, Pemko Pariaman juga sudah melakukan langkah stimulant, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan ke fasilitas-fasilitas umum, perkantoran, tempat ibadah. Untuk sekolah, anak-anak diliburkan tetapi tetap belajar dirumah (home learning) dan mengumumkan kepada masyarakat untuk mengatur jarak (sosial distance) minimum 1,5 meter serta mengurangi keramaian.

“Hal ini kita lakukan untuk memutus penyebaran virus korona di Kota Pariaman,” ucap Genius, Kamis (26/3) di Pariaman.

Selanjutnya, sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya dan upaya langkah pencegahan yang dilakukan jika terdampak atau merasakan gejala-gejala virus korona. Begitupun, para kepala desa, lurah dan camat, untuk mendata semua warga yang datang ke Kota Pariaman dari daerah yang merupakan zona merah covid-19 ini.

Bukan itu saja, demi cepatnya berhindar virus Covid-19 ini Pemko Pariaman juga telah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) penanganan cepat virus corona. Tim Satgas ini di Ketua Pj. Sekdako dengan anggota semua OPD terkait. Sedangkan pembinanya seluruh Forkopimda Pariaman.

“Pemko Pariaman juga telah membuat Posko Penanganan Covid-19 di Balaikota Pariaman, serta penyediaan Call Centre COVID-19 bagi warga Kota Pariaman untuk mengetahui kondisi terkini dan hal yang berhubungan dengan virus corona ini,” ungkapnya.

Sementara itu Dinas Kesehatan selalu mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan apa yang sudah dianjurkan oleh pemerintah, baik pusat maupun dari Pemko Pariaman, mulai dari membiasakan mencuci tangan pake sabun hingga  makan makanan bergizi dan tetap berolahraga. (agus)

 

Rekomendasi