Walikota dan Forkopimda Timba Pengalaman ke Malang

  • Whatsapp
 Wakikota Pariaman Genius Umar didampingi Forkompida, Kepala OPD dan Camat lawatan ke Kabupaten Malang. Terlihat Walikota menyerahkan lambang daerah ke Sekdakab Malang, Didik Mulyono. (ist)

PARIAMAN – Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Forkompida dan sejumlah Kepala OPD serta Camat melakukan lawatan ke Kabupaten Malang,Jawa Timur. Lawatannya ke Malang tersebut untuk menimba pengalaman tentang proses pembentukan daerah tangguh bencana di daerah tersebut. Pasalnya, Kota Pariaman akan menjadi tuan rumah Hari Kesiapsiagaan Bencana 2020.

Kedatangan Genius Umar dan rombongan diterima Sekretaris Daerah, Didik Mulyono, yang juga didampingi oleh unsur Forkompimda Kabupaten Malang, serta kepala Pelaksana BNPB, Kadis Kominfo, Kadis Sosial berserta jajaran pejabat yang terkait, di Aula Kantor Bupati setempat, Jumat (6/3).

Bacaan Lainnya

“Kita ikutkan Forkopimda untuk memberikan pemahaman yang sama dan meningkatkan koordinasi dalam kesiapsiagaan bencana di Kota Pariaman,” ujarnya .

Dikatakannya kegiatan ini juga merupakan bagian dari persiapan dengan ditunjuknya Kota Pariaman sebagai pusat kegiatan Peringatan HKB (Hari Kesiapsiagaan Bencana) Nasional, yang dilaksanakan 25 April 2020 mendatang.

Genius menyampaikan Kota Pariaman adalah daerah yang berada di pantai barat Sumatera yang kita ketahui merupakan daerah yang masuk dalam alur merah siaga bencana gempa dan tssunami.

Sementara itu, Sekdakab Didik Mulyono menyampaikan Kabupaten Malang adalah daerah yang sepanjang tahun berpotensi terjadi bencana. Dimana potensi tersebut beragam, mulai dari angin badai, gempa, letusan gunung berapi, banjir, longsor, bahkan tsunami.

Didik juga mengatakan Malang juga supermarket bencana, namun ia mengistilahkan sebagai daerah laboratorium bencana.

“Oleh karena itu, Kabupaten Malang telah banyak melakukan upaya dan membuat kebijajan mitigasi bencana. Kunci dari kesiapsiagaan bencana tersebut, adalah adanya kebersamaan dan memahami tugas masing-masing terhadap kesiapsiagaan bencana,” tutupnya. (agus)

 

Pos terkait