Wakil Gubernur Buka TMMD ke-104 di Mentawai

oleh -268 views
akil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyematkan tanda peserta dan menyerahkan sarana kerja kepada Satgas TMMD sebagai simbolis pembukaan TMMD ke 104 di Mentawai. (*)

TUA PEJAT –  Wakil Gubernur Nasrul Abit  resmi membuka pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa (26/2) di Makodim 0349/Mentawai.

Wagub menyebutkan, TMMD merupakan bentuk pengabdian demi terwujudnya pertahanan negara di daerah, sekaligus merupakan upaya Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk berkontribusi dalam melestarikan kemanunggalan TNI-rakyat dan penerapan budaya gotong royong.

“Dengan adanya TMMD dapat mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, karna sasaran TMMD meliputi kegiatan fisik yang terdiri dari pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum yang menjadi kebutuhan masyarakat, pembangunan rumah tidak layak huni serta fasilitas lainnya,” ujar Nasrul.

Ada 4 sasaran fisik yang disasar TNI, diantaranya, pembukaan jalan sepanjang 5 kilometer dengan lebar 10 meter dengan parit pada sisi kiri dan kanan masing-masing 1 meter di Desa Bukit Pamewa, Sipora Utara. Selain itu, TNI bekerja sama dengan Desa Bukit Pamewa, Desa Sido Makmur serta Desa Goiso Oinan juga akan membangun 30 unit jamban bagi masyarakat miskin. Pengecatan Mesjid Nurul Iman, Desa Bukit Pamewa. Terakhir, pengecatan Gereja GPDI, Desa Tuapejat.

“Pembangunan sasaran fisik, terutama pembukaan jalan yang diharapkan dapat membuka keterisoliran suatu daerah dengan daerah lainnya menuju pusat-pusat pertumbuhan yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian di daerah tersebut,” imbuhnya.

Tak hanya itu, pada TMMD yang rencananya akan ditutup pada 27 Maret 2019 itu juga menargetkan 24 sasaran non fisik yang meliputi mitigasi bencana, penyuluhan tentang penanaman pohon buah-buahan, penyuluhan teknik budidaya buah-buahan, Inseminasi Buatan (IB) hewan sapi, penyuluhan tentang deteksi dini kanker leher rahim dan lainnya.

“Kegiatan non fisik, salah satunya adalah membantu pemerintah melakukan pembinaan mental dan wawasan kebangsaan, pembinaan terhadap remaja dan generasi muda serta mencegah berkembangnya paham radikal, separatis dan sejenisnya,” tandasnya.

Pembukaan TMMD ke 104 di Kabupaten Kepulauan Mentawai ini ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan sarana kerja secara simbolis oleh Wakil Gubernur kepada Satgas TMMD. (Ricky)

Loading...