Wabup Padang Pariaman Ingin Tarung Derajat Mendunia

oleh
Atlet tarung derajat Porprov XV tengah beraksi, Sabtu (24/11/2018). (*)
PARIK MALINTANG – Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur berharap cabang olahraga yang berasal dari Indonesia dapat mendobrak kancah dunia.  Seperti cabang olahraga Tarung Derajat. Wabup Suhatri Bur ingin cabor ini menjadi ladang emas bagi atlet Indonesia nantinya.
“Kita  berharap, karena olahraga ini berasal dari daerah kita. Tentunya kita ingin tarung derajat dapat dipertandingkan di ajang seperti Sea Games, Asian Games dan Olympiade,” katanya setelah membuka secara resmi pertandingan cabor Tarung Derajat di Hall Sungai Asam Kecamatan 11 x 6 Lingkung, pada Pekan Olahraga Porvinsi (Porprov) Sumatera Barat XV di Padang Pariaman, Sabtu (24/11/2018) pagi.
Tidak itu saja.  Wabup pun sempat mengutarakan keinginannya agar Tarung Derajat menjadi olahraga prioritas di Sumatera Barat. Karena tak lama lagi akan digelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 nanti di Papua. Diharapkan pada PON XX nanti, Sumatera Barat mampu mendulang emas sebanyak-banyaknya dari cabang ini.
“Tarung derajat hendaknya diprioritaskan. Sekaligus menjadi ajang seleksi untuk PON XX 2020 di Papua nantinya,” harap Wakil Bupati.
Hemat wabup,  dari ajang Porprov Sumatera Barat XV di Padang Pariaman ini akan lahir para boxer handal yang dapat memperkuat Sumatera Barat di tingkat nasional maupun Internasional nantinya.
“Dari Sungai Asam ini akan lahir para boxer yang dapat mengharumkan nama Sumatera Barat nantinya, karena bagaimanapun tarung derajat ini mengedepankan kecerdasan, keterampilan dan kesantunan,” papar Suhatri Bur.
Sementara itu, Ketua Panitia Cabor Tarung Derajat Porprov Sumbar XV, Gusnawati mengatakan, tarung derajat diikuti 15 kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Empat daerah lain dipastikan tidak ikut ambil bagian. Empat daerah itu yakni 50 Kota, Dharmasraya, Solok Selatan dan Kepulauan Mentawai.
“Tarung derajat akan memperebutkan 17 medali pada 17 nomor pertandingan,”ujar Gusnawati. (Charlie)
Loading...