UPP Saber Pungli Bukittinggi Sidak Ke Lapas Biaro

Waka Polres Bukittinggi Kompol Albert Zai, selaku Ketua Tim UPP Saber Pungli Bukittinggi bertanya kepada pengunjung.(martiapri yanti)

BUKITTINGGI-Tim UPP (Unit Pemerantasan Pungli) Bukittinggi Jumat (20/4) pukul 09.00 WIB Sidak ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Bukittinggi di Biaro. Inspeksi mendadak dilakukan untuk memastikan ada tidaknya pungutan liar di tempat tersebut.

“Lapas tempat para tahanan dan narapidana yang menjalani hukuman juga pembinaan terhadap narapidana, karena itu tempat ini juga rentan menjadi tempat pungutan liar oleh oknum-oknum pegawai Lapas,” kataWaka Polres Bukittinggi Kompol Albert Zai, selaku Ketua Tim UPP Saber Pungli Bukittinggi, t didampingi Kasat Reskrim Akp R.Rahmad Natun, Kasat Binmas Akp Reddy Triananto, Kasat Intel Iptu Boby Sandra dan Kasub Den Pom I/4-3 Bukittinggi Lettu Taufik.

Sebelum sidak, tim UPP sudah dibagi tiga kelompok untuk melakukan pemeriksaan di Lapas dimaksud. Masing-masing dengan Kelompok  I dipimpin Kasat Intelkam Polres Bukittinggi beserta personil gabungan melakukan pemeriksaan, dan pengecekan serta wawancara kepada petugas Lapas serta SOP di Lapas Kelas II Bukittinggi.

“Kami tanya  tentang cara-cara membezuk tahanan, selanjutnya Kelompok II Kasat Binmas beserta personil gabungan melakukan pemeriksaan, pengecekan dan wawancara kepada keluarga binaan yang sedang membezuk apakah ada indikasi pungli yang diminta pada saat membezuk napi,” imbuhnya.

Sedangkan kelompok III, yang dipimpin Kasat Reskrim beserta personil gabungan pemeriksaan, mengecekan dan mewawancara para nara pidana, apakah ada pratek pungli yg dilakukan oleh petugas Lapas kepada warga binaan.

“Hasil sidak hari ini, belum ditemukan pelangaran hukum tentang pungutan liar. Meski demikian,  ke depan kami harapkan pihak Lapas Bukittinggi ini, jangan sampai melakukan pungutan-pungutan liar. Baik terhadap para penghuni Lapas maupun kepada para keluarga napi dan pembezuk lain,” ujar Kompol Albert.

Sebelum meninggalkan Lapas, Ketua Tim Kompol Albert Zai,  bersama tim juga melakukan pertemuan dengan Ka Lapas Djarot Sugiharto. Sidak berakhir pada pukul 11.00. (Yanti)

 

Loading...