Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Payakumbuh Khidmat

  • Whatsapp
Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, didampingi Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Solikhin dan Asisten I Setdako Payakumbuh Yoherman, saat melakukan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan Kota Payakumbuh, Jumat (1/6). (bule)

PAYAKUMBUH –  Hari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni, untuk Payakumbuh diperingati dengan upacara bendera. Upacara peringatan itu dipusatkan di halaman Balaikota Payakumbuh, eks lapangan Poliko Jumat (1/6) pagi. Bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) adalah Kapolres Kota Payakumbuh, AKBP Endrastyawan Setyowibowo.

Hadir pada kegiatan itu Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, bersama unsur pimpinan Forkopimda dan Forkopimda plus Kota Payakumbuh. Turut hadir para pejabat Pemko Payakumbuh, para pejabat di lingkungan TNI-Polri dan instansi vertikal, pimpinan BUMN/BUMD di Kota Payakumbuh serta diikuti oleh ratusan peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI-Polri dan ASN dilingkungan Pemko Payakumbuh.

Bacaan Lainnya

Dalam upacara bendera yang berlangsung penuh khidmat itu, Kapolresta Payakumbuh selaku Irup membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengingatkan, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Dijelaskan, Pancasila adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara. Sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan ini. (bule)

 

Pos terkait