UNP Gelar Pelatihan bagi Guru SMKN 2 Pariaman, Agar Bisa Meningkatkan Social Skills Siswa

  • Whatsapp

PARIAMAN – Tim Dosen Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pelatihan dan workshop bagi 20 orang guru-guru SMKN 2 Pariaman. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula SMKN 2 Pariaman dan dibuka oleh Kepala SMKN 2 Pariaman, Arrahmi, baru-baru ini.

Kegiatan pengabdian ini mengusung tema “PKM Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru SMKN 2 Pariaman dalam Menerapkan Model-model Pembelajaran yang dapat Meningkatkan Social Skills Siswa”. Tim pelaksana kegiatan adalah Armiati, Rose Rahmidani, Desri Nora dan Dessi Susanti yang sekaligus sebagai narasumber.

Bacaan Lainnya

Yang melatarbelakang kegiatan ini adalah beberapa studi yang menemukan bahwa generasi muda saat ini masih kurang kompeten dalam beberapa keterampilan sosial (social skills).

Beberapa keterampilan tersebut yaitu: komunikasi lisan maupun tertulis, berpikir kritis dan mengatasi masalah, etika bekerja dan profesionalisme, bekerja secara tim dan berkolaborasi, bekerja dalam kelompok berbeda, menggunakan teknologi, manajemen projek dan kepemimpinan.

Menurut Armiati, sebagai ketua pelaksana kegiatan, guru sebagai salah satu profesi yang dekat dengan generasi muda memiliki tanggungjawab untuk membantu siswa meningkatkan social skills nya melalui model pembelajaran yang digunakan di dalam kelas.

Namun pengetahuan dan ketrampilan guru akan model-model pembelajaran ini juga terbatas. Salah satu upaya sebagai solusi dari permasalahan tersebut adalah melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Armiati menjelaskan bahwa, ada beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah 1) Penyampaian materi mengenai konsep model-model pembelajaran dan konsep social skills; 2) Pelatihan dan workshop mengimplementasikan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan social skills siswa, dan 3) Pelatihan dan workshop mengintegrasikan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan social skills siswa ke dalam RPP.

Kepala SMKN 2 Pariaman, Arrahmi sangat mendukung kegiatan ini serta memberikan apresiasi karena dapat membantu guru-guru merancang pembelajaran sehingga dapat meningkatkan social skills siswa.

Senada dengan itu, tim pelaksana juga mengharapkan, kegiatan ini berimplikasi pada kemampuan guru dalam merancang pembelajaran sehingga dapat meningkatkan social skills siswa di SMKN 2 Pariaman khususnya”.(*/benk)

Pos terkait