Unit Reskrim Polsek Baso Ringkus Empat Pelaku Curanmor

  • Whatsapp
Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso terlihat sedang merilis pelaku curanmor dan curat yang berhasil ditangkap oleh jajaranya===asrial gindo===

 

BUKITTINGGI-Pelaku pencurian kendaraan bermotor  (Curanmor) satu unit mobil Kijang Grand Nopol BA 1832 KH tahun 1994 silver  berhasil diamankan Tim Opsnal Polsek Baso di Jalan Kubu Karambia Nagari Batipuh Baruah Kec. Batipuh Kab. Tanah Datar, Rabu (08/01) sekitar pukul 18.00 WIB.

Tertangkapnya pelaku pencurian kendaraan itu setelah korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Baso dan mempostingnya di media sosial.

Hal itu disampaikan Kapolres Bukittinggi, AKJP Iman Pribadi Santoso saat menggelar konfrensi pers terkait pengungkapan sejumlah kasus di Mapolres Bukittinggi, Kamis (9/1).

Kapolres didampingi Wakapolres, Kompol Sumintak dan Kapolsek Baso, Iptu Yustian Syaiful menjelaskan, awalnya pelaku berinisial AS (30) warga Jorong Kampuang XI Nagari Sabu Mudiak Kecamatan. Batipuh Kabupaten Tanah Datar itu datang kerumah korban Afrizal di Gelanggang Jorong Koto Gadang Nagari Koto Tinggi Kecamatan Baso dengan berpura pura sebagai pedagang yang sedang mencari barang dagangan cabai.

Setelah dua hari berkenalan dengan korban, pelaku kembali mendatangi rumah korban. Saat itu rumah korban lagi kosong karena pergi ke ladang.

Mendapati korban tidak ada dirumah, pelaku tetap berusaha masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel jendela rumah menggunakan parang.

“Awalnya pelaku hanya mengincar uang korban, namun karena melihat ada BPKB, dan kunci kontak serta STNK, pelaku langsung membawa kabur surat surat kendaraan itu bersama kendaraan yang terparkir di garase mobil rumah korban,”ujar Kapolres Iman Pribadi Santoso.

Untuk menghilangkan jejak, pelaku tidak menjual barang bukti (BB) itu, tapi pelaku menukar BB itu dengan satu unit Hyundai Atoz milik orang lain di Batagak Kabupaten Agam.

“Ini modus yang dilakukan pelaku tergolong aneh, dia menukar BB tersebut dengan mobil milik orang lain untuk menghilangkan jejak,” kata Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso.

Kasus Curat itu, jelas mantan Kapolres Pasaman Barat kemudian viral di medsos karena korban mempostingnya di media sosial.

Pemilik mobil Hyundai Atoz yang mengetahui ada pencurian mobil mirip mobil yang ditukarkan dengan mobilnya, langsung memberitahukanya ke Polsek Baso.

Setelah dicek oleh Opsnal Unit Reskrim Polsek Baso ternyata benar mobil yang ditugas dengan mobil Hyundai Atoz milik korbam. Maka Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Baso langsung melakukan pengejaran. Hanya satu hari sejak kejadian akhirnya pelaku berhasil diringkus saat pelaku sedang mengendarai mobil sekira pukul jam 18.00 Wib ditepi Jalan Kubu Karambia Nagari Batipuh baruah Kecamatan. Batipuh Kabupaten. Tanah Datar .

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya pelaku AS digelandang ke Mapolsek Baso beserta barang buktinya untuk dilakukan proses selanjutnya

Selain merilis kasus curanmor di Baso, polres juga merelis kasus curat yang berhasil di tangkap tim Tiger Polres Bukittinggi bersama unit reskrim Polsek Kota.

“Ada empat tersangka curat yang berhasil ditangkap tim tiger dan unit reskirim polsek Kota di wililayah Polsek Bukittinggi dan Polsek Tilatang Kamang,”ujar Iman Pribadi Santoso

Dari empat pelaku curat itu satu diantaranya merupakan penadah.

“Kita sangat bersukur para tersangka ini berhasil diringkus karena aksinya sudah sangat meresahkan warga di Kamang dan Bukittinggi,”tegasnya. 203

 

Berita Terkait