Unit PLP FKIP Universitas Bung Hatta Bekali Mahasiswa Sebelum ke Lapangan

  • Bagikan

PADANG – FKIP Universitas Bung Hatta tahun ini kembali menyelenggarakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Sebelum mahasiswa melaksanakan kegiatan tersebut, Unit Pengelola PLP Universitas Bung Hatta menyelenggarakan pembekalan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan pengenalan lapangan persekolahan.

“Peserta PLP Universitas Bung Hatta tahun 2021 ini merupakan para mahasiswa dari delapan program studi di lingkungan FKIP Universitas Bung Hatta, di antaranya Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Biologi, Pendidikan Teknik Informasi dan Komputer, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi,” ungkap Dr. Wirnita Eska, S. Pd., M.M., Ketua Unit Pengelola PLP Universitas Bung Hatta., saat menyampaikan pembekalan.

Kegiatan ini diikuti oleh 282 peserta. Nantinya, peserta PLP FKIP Universitas Bung Hatta ini akan disebar ke sekolah dasar dan menengah di kabupaten dan kota di Provinsi Sumatra Barat, seperti Kota Padang, Pariaman, Payakumbuh, Pesisir Selatan, Solok.

Dari 282 peserta, 31 orang mahasiswa PGSD berhasil meraih hibah program Merdeka Belajar dan 6 orang lulus dalam program asisten mengajar. Sementara itu, dari Program Studi Pendidikan Matematika, 3 orang dinyatakan lulus dalam program Merdeka Belajar dan 4 orang lulus program KKNT.

Dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 3 orang dinyatakan lulus program merdeka belajar, serta disusul oleh Program Studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Pancasila dan dan Kewarganegaraan dengan mahasiswa yang lulus program Merdeka Belajar 1 orang masing-masingnya.

Pembekalan PLP FKIP Universitas Bung Hatta ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, M.B.A. Menurutnya, pelaksanaan PLP Universitas Bung Hatta mesti mengikuti protokol kesehatan, mengingat kondisi Pandemi Covid-19 masih sangat mengkhawatirkan.

Namun demikian, esensi pelaksanaan PLP Universitas Bung Hatta diharapkan tetap terimplementasi dengan baik agar pengalaman mahasiswa selama di lapangan menjadi lebih bermakna, terutama dalam mengenal dunia pengajaran dan pembelajaran yang sesungguhnya di sekolah.

Apalagi, saat ini, pemerintah telah mengeluarkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, yang salah satunya adalah program kampus mengajar. Alhamdulillah, di tahun ini, 86 mahasiswa di seluruh fakultas di Universitas Bung Hatta berhasil lulus dalam program hibah Kampus Mengajar, ditambah lagi dengan program lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sementara itu, Dekan FKIP Universitas Bung Hatta, Drs. Khairul Harha, M. Sc., mengungkapkan bahwa program PLP ini merupakan matakuliah wajib yang harus ditempuh setiap mahasiswa. Seiring dengan perkembangan kurikulum, PLP ini merupakan transformasi dari program praktik lapangan dan magang ke sekolah.

Kepada mahasiswa, kami dari segenap pimpinan fakultas berharap mahasiswa siap tampil untuk mengimplementasikan pengetahuan di kelas, terutama penguasaan teknologi informasi di tengah situasi pembelajaran daring akibat Pandemi Covid-19 yang masih belum dapat dipastikan kapan akan berakhir. Mahasiswa tentu telah dibekali dengan kemampuan menguasai teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Sebagai narasumber dalam pembekalan ini, turut bertindak Ketua Unit PLP Universitas Bung Hatta, Dr. Wirnita Eska, S. Pd., M.M. dengan topik “Tata Laksana dan Teknis Pelaksanaan PLP”. Dan juga, diundang Kepala SMA N 13 Padang, Zahroni, M. Pd., dengan topik materi “Pengenalan Lapangan Persekolahan di SLTA” serta Fatimah, S. Pd., Kepala SDN 36 Gunung Sarik Padang dengan topik materinya “Pengenalan Lapangan Persekolahan di Sekolah Dasar”. (*)

  • Bagikan